Cara Gampang Membuat Gulai ikan salai (ikan asap), Bisa Manjain Lidah

Leon Herrera   07/10/2020 23:15

Gulai ikan salai (ikan asap)
Gulai ikan salai (ikan asap)

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai ikan salai (ikan asap) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai ikan salai (ikan asap) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Tongkol Salai Suwir Pedas enak lainnya. Ikan salai adalah salah satu jenis ikan asap tradisional Indonesia dan merupakan kuliner lokal dari Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Kuliner lokal ini dapat diolah menjadi beraneka ragam menu, seperti sambal hingga bubur, dari asam pedas sampai nasi lasti.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai ikan salai (ikan asap), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan gulai ikan salai (ikan asap) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gulai ikan salai (ikan asap) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gulai ikan salai (ikan asap) menggunakan 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Gulai ikan salai (ikan asap):
  1. Siapkan 7 buah ikan salai (ikan lele asap)
  2. Siapkan 1 liter santan kekentalan sedang
  3. Siapkan 2 batang sereh
  4. Ambil 1 lembar daun kunyit
  5. Gunakan 7 buah cabe rawit utuh
  6. Sediakan Secukupnya gula aren
  7. Sediakan Secukupnya garam
  8. Ambil Bumbu halus
  9. Gunakan 5 buah cabe merah keriting
  10. Gunakan 7 siung bawang merah
  11. Ambil 5 siung bawang putih
  12. Siapkan 1 ruas jahe
  13. Ambil 2 ruas kunyit

Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang bentuknya pipih dan panjang. Ketika sudah diasap, ikan cucut akan menghasilkan citarasa gurih dan aroma pembakaran yang khas. Resep Masakan Gulai ikan salai Khas Riau. Gulai Ikan Salai atau yang kita kenal dengan nama lain Ikan Asap adalah Ikan yang terlebih dahulu dibersihkan lalu diasap dalam beberapa jam sampai betul-betul kering dan berubah warna menjadi hitam, Ikan ini biasanya oleh Warga Riau sangat digemari dan menjadi masakan khas riau dan sering juga sebagai hidangan dalam jamuan untuk tamu-tamu penting yang.

Cara menyiapkan Gulai ikan salai (ikan asap):
  1. Cuci ikan asap,sisihkan,tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukan santan,aduk rata lalu masukan daun kunyit,sereh dan cabe utuh,aduk rata
  3. Masukan ikan,gula dan garam lalu masak kembali dengan api kecil kira kira 15 menit hingga ikan matang dan empuk

Gulai ikan salai merupakan makanan khas Mandailing. Dalam bahasa Mandailing, ikan salai berarti ikan yang dikeringkan menggunakan asap. Metode mengawetkan bahan makanan dengan cara mengeringkan dan diasinkan setidaknya telah dikenal sejak zaman neolitik. Pindang ikan salai, asam pedas salai, gulai salai, sambal ikan salai, sayur salai dan banyak lagi bahan dasarnya dari ikan salai yang saat ini menjadi menu utama dalam keseharian masyarakat. Nah, itu barusan beberapa macam ikan asap yang biasa diketemukan di market.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat gulai ikan salai (ikan asap) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved