Resep Cuko Pempek Anti Gagal

Patrick Freeman   17/11/2020 22:19

Cuko Pempek
Cuko Pempek

Lagi mencari inspirasi resep cuko pempek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cuko pempek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cuko pempek yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cuko Pempek menggunakan 8 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cuko Pempek:
  1. Sediakan 250 gr gula merah
  2. Siapkan 50 gr gula pasir
  3. Ambil 500 ml air
  4. Ambil 50 gr cabe rawit, haluskan
  5. Siapkan 5 bh cabe merah, haluskan
  6. Gunakan 50 gr bawang putih, haluskan
  7. Gunakan 10 gr garam
  8. Siapkan 2 sdm cuka

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Cuko pempek cocok juga digunakan untuk cocolan gorengan kayak bakwan atau pisang goreng lho,gak percaya coba aja sendiri :D. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Langkah-langkah membuat Cuko Pempek:
  1. Campur jadi satu cabe, bawang putih, garam, dan cuka. Aduk rata dan biarkan meresap sekitar 2-3 jam.
  2. Didihkan air + gula + gula merah. Saring. Didihkan kembali lalu siram ke adonan cabe tadi. Aduk rata.
  3. Note: untuk cuko kental…air 50 ml saja. Simpan pada toples dalam kulkas. Bila mau digunakan…encerkan dengan 400-450 air mendidih.

Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra, Indonesia. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuko Pempek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved