Resep Cakalang kuah santan Anti Gagal

Cynthia Rogers   08/07/2020 10:36

Cakalang kuah santan
Cakalang kuah santan

Anda sedang mencari ide resep cakalang kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cakalang kuah santan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Cakalang Asap Kuah Santan enak lainnya. Cakalang asap merupakan salah satu ikan yang biasa dimasak khas Manado. Bisa dimasak rica, ditumis campur sambal, disuwir-suwir, maupun disantan, seperti resep cakalang kuah santan berikut.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cakalang kuah santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cakalang kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cakalang kuah santan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cakalang kuah santan menggunakan 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cakalang kuah santan:
  1. Siapkan 1 ekor cakalang asap d potong
  2. Sediakan 2 butir putih telur rebus potong
  3. Sediakan 9 butir bwg merah
  4. Gunakan 7 butir bwg putih
  5. Sediakan 2 biji cabe hijau
  6. Ambil 1 biji cabe merah
  7. Ambil 3 biji cabe rawit
  8. Ambil sejempol lengkuas
  9. Sediakan 3 lembar daun salam
  10. Ambil 1 bungkus santan kara kecil
  11. Sediakan 2 gelas air
  12. Sediakan secukupnya gula,garam,lada bubuk,royco, sejumput bubuk kunyit

Dagingnya yang lembut, durinya yang tak terlalu banyak dan rasanya yang gurih, menjadikan ikan cakalang. Ikan cakalang kuah santan bumbu pedas dan gurih pun sudah jadi dan siap untuk disajikan bersama nasi putih hangat serta sayur kulup (sayur yang direbus). Ladies, itulah resep ikan cakalang kuah santan yang pedas dan gurih. Gimana, resep yang sangat mudah bukan?

Langkah-langkah menyiapkan Cakalang kuah santan:
  1. Iris semua bumbu, kemudian tumis sampai harum
  2. Masukan putih telur dan ikan asap
  3. Tambahkan air, kemudian masukkan bubuk kunyit dan santan
  4. Masukan gula,garam,lada bubuk,royco, koreksi rasa, masak sampai mendidih dan santan tdk pecah

Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. Jakarta - Ikan laut adalah salah satu jenis bahan masakan yang lezat, sehat dan pastinya bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera. Mengenai ikan laut sendiri, sebenarnya ada beragam jenis ikan. Dan salah satunya adalah ikan cakalang. Dagingnya yang lembut, durinya yang tidak terlalu banyak dan rasanya yang gurih, menjadikan ikan cakalang sangat cocok diolah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cakalang kuah santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved