Resep Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis Anti Gagal

Linnie Nash   12/12/2020 20:11

Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis
Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis

Lagi mencari inspirasi resep donat kentang empuk lembut #kamismanis yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat kentang empuk lembut #kamismanis yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat kentang empuk lembut #kamismanis, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan donat kentang empuk lembut #kamismanis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Resep donat kentang empuk dan lembut. Donat empuk tanpa mixer tanpa ulen takaran sendok. Donat yang empuk, mengembang, anti bantet dan gagal dapat anda buat di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat donat berikut ini.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah donat kentang empuk lembut #kamismanis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis memakai 18 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis:
  1. Sediakan 150 gr tepung cakra
  2. Gunakan 100 gr kentang kukus,lumatkan
  3. Sediakan 100 gr tepung segitiga
  4. Sediakan 40 gr gula
  5. Ambil 1 telur
  6. Gunakan 1 sdm susu bubuk
  7. Ambil 40 gr margarin
  8. Ambil 1/4 sdt garam
  9. Siapkan Bahan Biang :
  10. Gunakan 1 sdt ragi
  11. Gunakan 75 ml air hangat
  12. Gunakan 1 sdm gula
  13. Gunakan Topping Coklat :
  14. Ambil 100 gr DCC tim
  15. Ambil 1 sdm minyak
  16. Siapkan Topping Keju :
  17. Gunakan Prochiz spready
  18. Gunakan Keju cheddar, parut

Donat kentang berbahan dasar tepung kentang/ kentang rebus dan tepung terigu. Selain itu, Chef Riduan juga menyarankan penggunaan mentega daripada margarin, agar donat bertekstur lembut. Campur terigu, kentang, gula, dan susu bubuk. Kali ini kita akan membuat satu resep donat spesial yang dijamin lebih empuk dan lembut, yaitu donat kentang.

Langkah-langkah membuat Donat Kentang Empuk Lembut #kamismanis:
  1. Buat bahan biang : campur semua bahan biang, tunggu sekitar 15menit. Sampai keluar gelembung. Tanda ragi aktif & bs dipakai.
  2. Bahan Donat : dalam wadah masukkan kentang yang sudah dikukus & sudah dilumatkan, lalu tepung terigu, gula, telur, sisu bubuk & bahan biang. Aduk rata.
  3. Uleni hingga 1/2 kalis, kemudian tambahkan margarin serta garam. Lalu uleni hingga kalis elastis 💪💪💪 lalu bulatkan dan tutup dengan plastim wrap. Tunggu hingga adonan mengembang 2x lipat.
  4. Setelah mengembang 2x lipat,kempiskan adonan. Uleni sebentar, lalu bagi-bagi adonan sesuai selera. Bulatkan masing-masing adonan yang sudah dibagi. Taruh diatas kertas roti yg ditabur sedikit tepung. *Ini agar memudahkan kita saat mengangkat adonan ketika mau digoreng & tidak merubah bentuknya.
  5. Istirahatkan kembali adonan hingga terlihat ngembang. Tapi jangan kelamaan & over proofing ya. Karena klo over proofing, nanti donat akan mengambang, lalu keriput saat di sudah dingin. Pipihkan sedikit adonan & buat bulat ditengahnya.
  6. Saya pake bagian belakang spluit untuk cetak bulat bagian tengahnya..
  7. Lalu goreng di minyak panas dengan api kecil. Goreng mulai dari adonan yang pertama dibuat ya 😉 ini foto setelah diangkat dari penggorengan…
  8. Kalo donat sudah dingin bisa hias suka-suka. Atau tabur gula tepung aja juga udh Ok bangeed ❤
  9. Ini yang topping coklat. Cara buat toppingnya : potong-potong DCC, lalu tim setelah itu beri 1 sdm minyak aduk rata. Klo dirasa kurang cair bisa tambah lagi minyaknya tapi hati-hati jangan terlalu encer ya 😉
  10. Yang topping keju.
  11. White ring 😘🎉😘 Terbayar sudah pegal-pegal ngulen tadi,haha…
  12. Ini texturenya.. walopun udh masuk kulkas tetep empuk loh 😍 asal simpan diwadah kedap udara ya. Ini foto donat waktu bikin yang kedua kali..
  13. 💝💛💝💛

Kalau dari bentuk dan tampilannya sih sebenarnya sama dan Buat yang belum pernah tentu saja cara membuat donat kentang empuk dan lembut tentu saja bisa membuat sedikit stress. Umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang. Bukan tanpa alasan, donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang jauh lebih lembut dibanding donat terigu. Jajanan donat sederhana, enak, empuk, lembut, dan praktis dengan dilengkapi petunjuk cara mudah membuat kue donat kue kentang dengan adonan mengembang ala resep donat dunkin.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat donat kentang empuk lembut #kamismanis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved