Bagaimana Menyiapkan Cuko Pempek #RabuBaru Anti Gagal

Calvin Munoz   08/09/2020 14:18

Cuko Pempek #RabuBaru
Cuko Pempek #RabuBaru

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko pempek #rabubaru yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek #rabubaru yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek #rabubaru, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cuko pempek #rabubaru yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Sementara itu, cuko pempek Palembang yang otentik cenderung kental dan pekat. Karena itu disajikan secara terpisah di dalam botol agar pembeli bisa menuangkan ke dalam mangkuk sesuka hati.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cuko pempek #rabubaru yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cuko Pempek #RabuBaru menggunakan 11 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cuko Pempek #RabuBaru:
  1. Sediakan 100 gr gula merah hitam (gula cuko)
  2. Ambil 150 gr gula merah
  3. Ambil 2 L air
  4. Siapkan 6 siung bawang putih
  5. Gunakan 25 buah cabe rawit
  6. Sediakan 8 buah cabe rawit burung
  7. Sediakan 1/2 sdt garam kasar
  8. Ambil Seujung sendok gula
  9. Siapkan Bahan tambahan jika suka, saya skip
  10. Sediakan 50 gr ebi atau udang rebon
  11. Ambil 1 sdm air asam jawa

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek).

Cara membuat Cuko Pempek #RabuBaru:
  1. Ini contoh gula cuko. Warna nya lebih hitam dibanding gula merah pada umumnya.
  2. Haluskan bawang putih, cabe, garam, dan ebi (jika pakai). Lalu campur dengan gula cuko, gula merah, dan air. Masak hingga mendidih dan kental. Air berkurang kira2 500ml nya. Sekitar 25-30 menit dengan api sedang. Lalu sebelum dimatikan, masukkan gula dan air asam (jika pakai). Koreksi rasa. Masak 5 lagi. Matikan api.
  3. Setelah kental. Saring. Saya lebih suka cuka yang ga berdedak (endapan bumbu).
  4. Simpan di kulkas dengan wadah tertutup. Bisa tahan 1 bulan di kulkas.
  5. Ini stok, segini ga sampai 2 minggu dah habis.. 😁

Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Cuko Palembang merupakan saos pempek yang banyak digemari orang, namun masih banyak orang yang belum tau cara membuat cuko Palembang, tonton video ini maka a.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek #rabubaru yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved