Bagaimana Menyiapkan Mangut ikan asap Anti Gagal

Garrett Ortega   31/08/2020 10:15

Mangut ikan asap
Mangut ikan asap

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut ikan asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Mangut ikan asap menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut ikan asap:
  1. Sediakan Ikan asap(bisa pari, cucut atau manyung)
  2. Gunakan Tahu/ tempe dipotong kotak kotak
  3. Ambil Bumbu yang dihaluskan
  4. Ambil bawang merah
  5. Sediakan bawang putih
  6. Ambil cabai merah keriting
  7. Gunakan sepotong terasi/ sesuai selera
  8. Gunakan Kunyit
  9. Ambil Kencur
  10. Gunakan Merica
  11. Ambil Gula, garam dan bumbu penyedap
  12. Gunakan Rempah buat tumisan
  13. Ambil Daun jeruk yang disobek, daun salam, serai,jahe dan lengkuas
  14. Siapkan secukupnya Santan
  15. Sediakan Potongan tomat/ belimbing wuluh
  16. Sediakan Cabai rawit merah

Mangut ikan adalah menu makanan yang memiliki citarasa khas. Mangut ikan biasa di buat menggunakan ikan asap, kemudian dimasak kembali dengan kuah santan dan macam macam bumbu. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut ikan asap:
  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak.Masukkan juga rempah.rempahnya sampai berbau harum
  2. Masukkan juga potongan tahu tempe, ikan asap yang digoreng sebentar.Aduk aduk sampai tercampur.
  3. Masukkan santan kemasan, tambahkan air sesuai selera.Masukkan gula garam dan penyedap dan tunggu sampai mendidih.
  4. Masukkan potongan tomat/ belimbing wuluh dan cabai rawit merah.Matikan api.

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved