Langkah Mudah untuk Membuat Tongkol-tempe Kuah Santan Anti Gagal

Leona Conner   23/11/2020 22:27

Tongkol-tempe Kuah Santan
Tongkol-tempe Kuah Santan

Lagi mencari inspirasi resep tongkol-tempe kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol-tempe kuah santan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol-tempe kuah santan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tongkol-tempe kuah santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Ceritanya pak su(ami) bisik-bisik pingin di masakin ikan laut waktu buka puasa. Cus ke toko ketemu sama tongkol asap. Jadilah menu ini😍 Kepala tongkol-tempe kuah santan pedas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tongkol-tempe kuah santan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Tongkol-tempe Kuah Santan memakai 17 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Tongkol-tempe Kuah Santan:
  1. Siapkan Bahan utama
  2. Ambil 2 ekor tongkol asap
  3. Sediakan 4 papan tempe
  4. Ambil Bumbu halus
  5. Gunakan 4 siung bawang merah
  6. Sediakan 2 siung bawang putih
  7. Ambil 4 buah kemiri
  8. Gunakan 25 buah cabe rawit
  9. Gunakan 1 ruas lengkuas
  10. Ambil Bumbu pelengkap
  11. Siapkan 4 lembar daun salam
  12. Siapkan 1 buah tomat
  13. Ambil 10 buah cabe rawit
  14. Gunakan 1 bungkus santan instan (65ml)
  15. Siapkan secukupnya Gula dan garam
  16. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk
  17. Siapkan Secukupnya minyak goreng

Resep Pindang tongkol tempe kuah santan. Karena setiap minggu ada jatah makan santan satu kali, jadi minggu ini masak pindang tongkol ajaa. simpel ajaa bumbu dan cara masaknya. Lihat juga resep Tongkol kuah santan pedas segar enak lainnya! Tumbenan pengen makan olahan kepala ikan😬 pas bgt punya bahannya, langsung masak deh #GA_TheNextLevel Fairuz Shadiqa Izzati.

Cara menyiapkan Tongkol-tempe Kuah Santan:
  1. Bersihkan tongkol. Siangi durinya. Potong menjadi beberapa bagian. Goreng hingga garing.
  2. Potong-potong tempe sesuai selera. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu, kemudian tumis bersama daun salam hingga harum. Jangan lupa tambahkan gula dan garam secukupnya.
  4. Masukkan tempe dan tambahkan air. Aduk sebentar, tunggu hingga mendidih dan tempe matang.
  5. Masukkan tongkol. Tambahkan santan instan,potongan tomat, cabe rawit, dan kaldu bubuk. Tunggu beberapa saat agar bumbu meresap. Koreksi rasa.
  6. Siap disajikan.

Kemudian tambahkan pete, tomat, gula dan garam. Jika rasa sudah pas, masukkan kemangi. Tambahkan sedikit gula dan garam secukupnya. Tambahkan irisan daun bawang dan tomat. Olahan Pindang Tongkol Tempe Cara memasak tongkol tempe bungkil : Tumis bumbu halus.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tongkol-tempe kuah santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved