Resep Cuko Pempek Anti Gagal

Hulda Woods   26/10/2020 12:40

Cuko Pempek
Cuko Pempek

Sedang mencari ide resep cuko pempek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cuko pempek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cuko pempek yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek memakai 8 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cuko Pempek:
  1. Sediakan 1 Kg Gula Aren, Iris-iris
  2. Siapkan 1500 Ml Air
  3. Siapkan 100 Gr Cabai Rawit Hijau
  4. Ambil 100 Gr Bawang Putih
  5. Gunakan 100 Gr Asam Jawa, larutkan dengan air panas
  6. Siapkan 2 Sdm Cuka
  7. Siapkan 1 Sdm Garam
  8. Sediakan 1 Sdm Gula Pasir

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Cuko pempek cocok juga digunakan untuk cocolan gorengan kayak bakwan atau pisang goreng lho,gak percaya coba aja sendiri :D. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Langkah-langkah membuat Cuko Pempek:
  1. Rebus gula bersama 1 ltr Air sampai mendidih, lalu saring dan diamkan sampai dingin.
  2. Haluskan Cabai rawit dan Bawang Putih lalu tambahkan 2 Sdm Cuka. Diamkan selama 1 jam.
  3. Setelah 1 Jam dan kuah gula dingin masukan sambal cabai dan masukkan air asam jawa (saring) jika asam jawa masih kental larutkan kembali dengan air panas. Tambahkan juga garam dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Masak kembali hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompor, biarkan dingin.
  5. Setelah dingin masukkan kedalam botol. Cuko akan lebih enak jika didiamkan dulu semalaman. Cuko akan mengental dan rasa bawang putih pun lebih terasa. Selamat Mencoba.

Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra, Indonesia. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Cuko Pempek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved