Resep Kuah Cuko Pempek yang Menggugah Selera

John Joseph   13/07/2020 03:12

Kuah Cuko Pempek
Kuah Cuko Pempek

Sedang mencari inspirasi resep kuah cuko pempek yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kuah cuko pempek yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kuah cuko pempek, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kuah cuko pempek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Cuko (kuah Pempek) Palembang akhirnya, nyetok cuko lagi yang satu ini ga boleh absen di kulkas hehe dari kemaren pengen buat tapi sayang cuko lama masih ada di dlm kulkas ini di jamin tahan lama dan endeuusss selain jd temen pempek jg cocok untuk jd cocolan bala-bala, bakwan, tahu isi dan lainlain Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kuah cuko pempek yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kuah Cuko Pempek memakai 9 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kuah Cuko Pempek:
  1. Sediakan 600 ml air
  2. Sediakan 250 gr gula merah
  3. Gunakan 2 sdm cuka
  4. Ambil Bumbu yg dihaluskan :
  5. Ambil 25 siung bawang putih ukuran kecil
  6. Ambil 15 buah cabe rawit (optional)
  7. Sediakan 4 sdm air asam jawa kental
  8. Sediakan 1 sdm gula pasir
  9. Sediakan 1/2 sdt garam

Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat. Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali. Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua.

Langkah-langkah membuat Kuah Cuko Pempek:
  1. Siapkan bahan, rebus air lalu masukkan gula merah tunggu hingga mendidih
  2. Sambil menunggu latutan gula merah mendidih, uleg bawang putih, cabe rawit, gula dan garam, siapkan jg air asam jawa
  3. Setelah bumbu halus masukkan ke dalam didihan larutan gula merah
  4. Tambahkan air asam jawa dan cuka kemudian aduk merata dan tunggu hingga mendidih
  5. Kuah Cuko Andalan sy siap disajikan, setelah dingin bisa jg di simpan dalam botol sajian dan letakkan dalam kulkas

Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental. Simpan kuah cuko dalam botol dan masukkan dalam kulkas kalau tidak habis saat digunakan; Nah, pempek sudah, kuah cuko juga siap, sekarang kita bisa menikmati pempek dengan lengkat. Makan pempek ini kurang lengkap rasanya memang kalau nggak pakai cuko. Mirip kalau kita makan bakso tanpa kuah bakso.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kuah Cuko Pempek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved