Resep Cuko (Kuah Pempek), Bisa Manjain Lidah

Jacob Moore   09/07/2020 05:23

Cuko (Kuah Pempek)
Cuko (Kuah Pempek)

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko (kuah pempek) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko (kuah pempek) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko (kuah pempek), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cuko (kuah pempek) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

"CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cuko (kuah pempek) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cuko (Kuah Pempek) memakai 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cuko (Kuah Pempek):
  1. Ambil 1,5-2 liter air
  2. Gunakan 1 kg gula batok hitam (me : gula merah)
  3. Ambil 50 gr asam jawa
  4. Ambil 1 sdm gula pasir (me : skip)
  5. Siapkan Bumbu halus
  6. Ambil 150 gr cabe rawit merah
  7. Gunakan 21 siung bawang putih
  8. Ambil 1 sdm garam

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Cuko (kuah Pempek) Palembang akhirnya, nyetok cuko lagi yang satu ini ga boleh absen di kulkas hehe dari kemaren pengen buat tapi sayang cuko lama masih ada di dlm kulkas ini di jamin tahan lama dan endeuusss selain jd temen pempek jg cocok untuk jd cocolan bala-bala, bakwan, tahu isi dan lainlain Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali.

Langkah-langkah membuat Cuko (Kuah Pempek):
  1. Masukkan gula batok hitam dan asam jawa ke dalam air. Rebus sampai mendidih dan gula hancur. Aduk-aduk agar tercampur rata.
  2. Masukkan gula pasir dan bumbu halus. Tunggu mendidih sebentar aja. Matikan kompor.
  3. Sajikan dengan pempek.
  4. Tips: 1. Bila suka ampasnya disaring selagi panas. - 2. Diamkan dipanci atau wadah selama 24 jam di suhu ruangan. Tapi, jangan ditutup rapat. - 3. Besoknya baru dipindahkan ke wadah botol atau wadah lain yang ada tutupnya. Baru disimpan di kulkas. - 4. Bila ingin kental cukonya, airnya 1,5 liter aja. - 5. Kalau gulanya bukan gula batok ga usah make gula pasir.

Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental. Cari produk Camilan Beku lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuko (Kuah Pempek) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved