Bagaimana Membuat Donat Kentang Lembut Anti Gagal

Janie Mullins   30/10/2020 21:10

Donat Kentang Lembut
Donat Kentang Lembut

Lagi mencari ide resep donat kentang lembut yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat kentang lembut yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Donat Kentang - Donat (doughnuts atau donat) merupakan salah satu roti yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur kemudian dicampur rata, di uleni, lalu dibentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya yang menyerupai cincin besar. Donat Kentang super empuk dan lembut.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat kentang lembut, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan donat kentang lembut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah donat kentang lembut yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Donat Kentang Lembut memakai 12 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Donat Kentang Lembut:
  1. Gunakan 350 gram tepung terigu (Segitiga Biru)
  2. Gunakan 1/2 kg kentang (kupas, rebus, haluskan)
  3. Ambil 2 butir telur (ambil kuningnya saja)
  4. Ambil 2 sachet susu bubuk putih (Dancow)
  5. Siapkan 1 sachet SKM (Frisian Flag)
  6. Sediakan 7 sdm gula pasir
  7. Siapkan 2 sdm fermipan
  8. Ambil 1 1/2 sdt baking powder
  9. Sediakan 2 sdm air es
  10. Siapkan 3 sdm mentega (Forvita)
  11. Siapkan sejumput garam
  12. Ambil Topping : meses dan keju

Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang. Ini nih yang mau kita intip resepnya. Resep donat kentang yang empuk, enak, dan lembut. Resep donat kentang - Kue enak dan lembut teksturnya lembut di tengahnya ada lubang, kue apakah itu?

Cara membuat Donat Kentang Lembut:
  1. Campurkan terigu, kentang, fermipan, gula, kuning telur, susu, mentega, baking powder dan garam. Uleni sampai rata,beri sedikit air.
  2. Aduk adonan hingga kalis. Jika masih lengket tambahkan terigu sedikit2.
  3. Tutup adonan menggunakan kain, diamkan selama 30 menit.
  4. Adonan sudah mengembang,lalu buang angin adonan dengan cara ditinju.
  5. Cetak adonan, diamkan selama 15 menit.
  6. Goreng dengan api kecil sampai bewarna kecoklatan.
  7. Angkat dan tiriskan lalu olesi permukaan donat bagian atas dengan mentega. Beri toping.
  8. Donat kentang siap disajikan.

Siapa sih yang nggak kenal sama salah satu makanan favorit anak-anak hingga orang dewasa yang satu ini? Selain memiliki bentuk yang unik, ada banyak sekali varian donat yang di jual di pasar dengan bentuk yang di modifikasi menjadi lebih lucu. Resep donat kentang yang empuk dan lembut selalu dicari. Yup, donat kentang menjadi salah satu camilan lezat saat kamu sedang di rumah. Donat kentang bisa menjadi pilihan yang pas karena akan membuat teksturnya semakin empuk dan lezat tentunya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Donat Kentang Lembut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved