Cara Gampang Menyiapkan Cuko Pempek Palembang yang Bikin Ngiler

Bill Baker   18/11/2020 19:37

Cuko Pempek Palembang
Cuko Pempek Palembang

Lagi mencari inspirasi resep cuko pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek palembang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek palembang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cuko pempek palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko pempek palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cuko Pempek Palembang memakai 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cuko Pempek Palembang:
  1. Sediakan 1 kg gula merah aren (1 batok besar)
  2. Gunakan 50 gr asam jawa
  3. Sediakan 1.5 sdt garam/secukupnya
  4. Siapkan 2 liter air (bisa dikurangi klo mau lebih kental)
  5. Gunakan Bumbu halus : blender
  6. Gunakan 100 gr cabe rawit
  7. Ambil 100 gr bawang putih
  8. Gunakan 1 mangkok kecil tongcai lobak homemade (optional) (lihat resep)

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 Cuko Pempek Palembang Tiada Dua.

Cara membuat Cuko Pempek Palembang:
  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Didihkan air, gula aren dan asam jawa hingga semua larut. Matikan api lalu saring (buang ampasnya)
  3. Masukkan bumbu halus, didihkan lagi sebentar. Matikan api dan biarkan dingin
  4. Cuko pempek siap disajikan. Simpan cuko dalam botol/wadah tertutup. Supaya lebih awet, masukkan kedalam chiller (dibawah freezer)

Bagi kami orang Palembang, biarlah rasa pempeknya kurang sedap dan enak. Pempek sebagai makanan khas Kota Palembang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanan yang terbuat dari bahan tapioka dan ikan ini. "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cuko pempek palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved