Resep Donat kentang empuk lembut, Sempurna

Lucinda Howard   01/12/2020 12:17

Donat kentang empuk lembut
Donat kentang empuk lembut

Lagi mencari inspirasi resep donat kentang empuk lembut yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat kentang empuk lembut yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep donat kentang empuk dan lembut. Donat empuk tanpa mixer tanpa ulen takaran sendok. Donat yang empuk, mengembang, anti bantet dan gagal dapat anda buat di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat donat berikut ini.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat kentang empuk lembut, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan donat kentang empuk lembut yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan donat kentang empuk lembut sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Donat kentang empuk lembut menggunakan 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Donat kentang empuk lembut:
  1. Ambil 400 gr terigu protein tinggi
  2. Siapkan 50 gr terigu serbaguna(protein sedang)
  3. Sediakan 50 gr maizena
  4. Sediakan 50 gr susu bubuk
  5. Sediakan 11 gr ragi instan
  6. Ambil 100 gr gula halus
  7. Siapkan 200 gr kentang rebus
  8. Gunakan 4 kuning telur
  9. Gunakan 75 gr butter (boleh pakai margarin)
  10. Ambil Sejumput garam (kl pakai margarin, garam diskip)
  11. Gunakan 100 ml air dingin dari kulkas

Donat kentang berbahan dasar tepung kentang/ kentang rebus dan tepung terigu. Selain itu, Chef Riduan juga menyarankan penggunaan mentega daripada margarin, agar donat bertekstur lembut. Campur terigu, kentang, gula, dan susu bubuk. Kali ini kita akan membuat satu resep donat spesial yang dijamin lebih empuk dan lembut, yaitu donat kentang.

Langkah-langkah menyiapkan Donat kentang empuk lembut:
  1. Campurkan smua tepung, ragi,gula. Aduk rata
  2. Masukkan kentang rebus, telur, dan air. Uleni hingga kalis. Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Bulatkan adonan. Tutup dgn plastik wrap. Diamkan sekitar 30 menit. Hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
  3. Kempeskan adonan. Bagi2 adonan. Bulatkan (50 gr per bulatan). Diamkan lagi 20 menit.(hati2 jangan kelamaan. Kalau sudah mengembang ringan sudah cukup)Bolongin bulatan. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Intip bagian bawah donat kalau sudah aga kuning kecoklatan. Balik. Kalau sisi sebelahnya juga sudah kuning kecoklatan. Angkat. Tirikan Donat nya cukup digoreng denngan sekali balikan. Jangan dibolak balik terus karena donat akan menyerap minyak banyak.
  4. Kalau sudah dingin. Hias dengan coklat cair. Dan kasih topping suka2..

Kalau dari bentuk dan tampilannya sih sebenarnya sama dan Buat yang belum pernah tentu saja cara membuat donat kentang empuk dan lembut tentu saja bisa membuat sedikit stress. Umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang. Bukan tanpa alasan, donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang jauh lebih lembut dibanding donat terigu. Jajanan donat sederhana, enak, empuk, lembut, dan praktis dengan dilengkapi petunjuk cara mudah membuat kue donat kue kentang dengan adonan mengembang ala resep donat dunkin.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat donat kentang empuk lembut yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved