Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut lele asap yang Lezat

Aiden Christensen   17/08/2020 06:06

Mangut lele asap
Mangut lele asap

Lagi mencari ide resep mangut lele asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele asap yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut lele asap merupakan salah satu masakan khas Jogja. Di Jogja, lele tidak hanya digoreng untuk pecel lele, namun diolah dengan cara berbeda. Lihat juga resep Mangut Lele Asap enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele asap, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mangut lele asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut lele asap yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut lele asap menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut lele asap:
  1. Sediakan 3 ikan lele asap
  2. Siapkan 1/2 kelapa peras, (pisahkan antara yang kental dan yang jernih)
  3. Ambil 2 lembar daun salam
  4. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  5. Sediakan 2 batang sereh, geprek
  6. Gunakan 1 ruas lengkuas geprek
  7. Ambil Secukupnya kemangi
  8. Ambil Secukupnya daun bawang
  9. Siapkan Secukupnya garam dan penyedap rasa
  10. Gunakan Bumbu halus
  11. Gunakan 5 siung bawang merah
  12. Sediakan 4 siung bawang putih
  13. Sediakan 1/2 sendok ketumbar
  14. Sediakan 2 butir kemiri
  15. Ambil 2 ruas jahe
  16. Ambil 1 ruas kunyit
  17. Ambil 1 ruas kencur
  18. Gunakan Secukupnya cabe rawit (pedas disesuaikan selera)
  19. Gunakan 4 buah cabe merah besar

Gudeg; Kalau ke Jogja tidak menyantap gudeg kan, seperti ada yang kurang, ya! Begitu juga kalau ke Mangut Lele Mbah Marto ini, Kamu juga bisa menambahkan gudeg dalam nasi dan mangut lelenya. Lauk dan Sayur Lain Jakarta - Ikan lele asap yang smoky aromanya dimasak dengan resep legendaris. Disantap hangat langsung di dapur mbah Marto yang sederhana.

Langkah-langkah membuat Mangut lele asap:
  1. Tumis bumbu halus, masukkan sereh, daun salam, lengkuas, daun jeruk sampai harum.
  2. Beri sedikit santan yang encer, tunggu sampai mendidih kemudian masukkan ikan lele asap, garam dan penyedap rasa. Test rasa
  3. Setelah kuah agak menyusut, masukkan santan kental tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan daun bawang dan kemangi.
  4. Aduk sebentar lalu matikan Api
  5. Mangut lele siap disajikan

Hidangan lele asap Mbah Marto menjadi satu sajian unggulan atau signature yang kerap dicari pelanggannya. Beda dengan lele mangut biasa tanpa diasap, lele di Mbah Marto melewati proses pengasapan yang membuat hidangan ini terasa spesial. Proses makanan utama mulai dari lele dimasak asap secara khusus di ruangan terpisah. Selain ikan pari asap, Anda bisa juga menggunakan ikan lele ataupun ikan mujair yang di goreng terlebih dahulu, lalu dimasak dengan bumbu mangut ini. Bisa juga Anda tambahkan tahu dan tempe jika suka.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut lele asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved