Bagaimana Menyiapkan Ikan Asap Sayur Santan, Bikin Ngiler

Ida Harmon   23/11/2020 19:42

Ikan Asap Sayur Santan
Ikan Asap Sayur Santan

Sedang mencari inspirasi resep ikan asap sayur santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan asap sayur santan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asap sayur santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ikan asap sayur santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Mangut adalah hidangan sayur santan pedas yang pada umumnya diolah dengan ikan. Kuliner lokal khas Jawa Tengah, tepatnya di Semarang ini menjadi primadona karena rasanya yang gurih, pedas, segar, dikombinasikan dengan sedapnya ikan asap. Tak hanya itu, mangut juga berwarna kuning keorenan yang me.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ikan asap sayur santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ikan Asap Sayur Santan memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ikan Asap Sayur Santan:
  1. Ambil 5 Tusuk ikan asap pari
  2. Siapkan secukupnya kacang panjang potong potong
  3. Siapkan 1/2 santan kental dr 1/2kelapa
  4. Ambil 5 buah cabai merah keriting
  5. Ambil 5 buah cabai rawit(sesuai selera)
  6. Sediakan 2 buah cabai hijau besar
  7. Sediakan 5 butir bawang merah
  8. Ambil 2 siung bawang putih
  9. Sediakan 1 buah bawang bombay
  10. Sediakan 1 cm kunyit
  11. Gunakan 1 cm jahe
  12. Sediakan secukupnya garam
  13. Siapkan secukupnya sasa
  14. Ambil secukupnya gula pasir
  15. Sediakan secukupnya air

Lihat juga resep Pare & Ikan Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Sayur lodeh ikan asap. foto: Instagram/@kumpulanresepmasak. Tidak hanya ikan pari atau ikan cakalang, ternyata ada banyak jenis ikan yang biasa diasap. Masing-masing jenis ikan tentu berpengaruh terhadap citarasanya.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Asap Sayur Santan:
  1. Haluskan, cabai merah,cabai rawit,bawang merah,bawang putih kunyit dan jahe
  2. Iris cabai hijau dan bawang bombay
  3. Tumis bumbu yg sudah di haluskan sampai Wangi,lalu masukkan bumbu iris,tumis sampai layu,,
  4. Masukkan santan kental,aduk merata
  5. Beri 2gelas air putih (sesuai selelra),masukan ikan asapnya dan potongan kacang panjang aduk merata,beri garam,sasa,dan gula tunggu hingga mendidih dan tes rasa
  6. Siap di hidangkan

Ikan pari asap atau ikan asap cakalang (tongkol) dipotong- potong sesuai selera. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama bumbu yang diiris, lengkuas, serai, daun salam, daun jerukdan jahe hingga harum. Masukkan santan encer, ikan asap IACHI, tempe dan tahu, masak dengan api kecil hingga kuah menyusut. KOMPAS.com - Kamu bosan dengan menu sayur yang sama setiap harinya? Kalau bukan sayur dimasak kuah bening, mungkin sayur ditumis?

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan Asap Sayur Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved