Resep Mangut ikan asap yang Sempurna

Eddie Moran   09/09/2020 22:43

Mangut ikan asap
Mangut ikan asap

Sedang mencari ide resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Setau saya Mangut adalah masakan khas dari Semarang (mohon maaf jika salah),menggunakan ikan asap di masakan mangut harum aroma khas ikan asap sangat dominan di sayur ini, berbagai campuran bumbu dapur masuk dalam resep masakan ini, diantaranya adalah kencur dan daun jeruk purut. masakan termasuk ke dalam jenis masakan yang bersantan, mempunyai citarasa pedas yang membuat orang ketagihan sedapppp harum.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut ikan asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut ikan asap memakai 16 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut ikan asap:
  1. Gunakan 5 ekor Ikan asap
  2. Siapkan 20 butir Telur puyuh
  3. Sediakan 1 kotak Tahu
  4. Gunakan 1 kotak Tempe
  5. Sediakan secukupnya Pete
  6. Gunakan Cabe ijo + ale
  7. Sediakan 5 siung Bawang merah
  8. Siapkan 3 siung Bawang putih
  9. Gunakan Lengkuas
  10. Gunakan Daun salam
  11. Ambil Cabe rawit
  12. Siapkan Tomat
  13. Gunakan Santan
  14. Gunakan Garam
  15. Ambil Gula
  16. Siapkan Penyedap rasa

Jadilah ini bikin pake ikan goreng. Masukkan ikan asap kedalam tumisan, aduk hingga rata, lalu tambahkan santan, sambil diaduk terus agar santan tidak pecah, lalu tambahkan juga gula, garam dan cabai rawit utuh. Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas. Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini.

Langkah-langkah membuat Mangut ikan asap:
  1. Cuci bersih ikan asap,tahu,tempe lalu potong2
  2. Goreng tahu setengah matang, semua bumbu di iris,lengkuas di geprek
  3. Tumis bumbu hingga harum, masukan ikan asap, tahu yg sdh di goreng, tempe, dan beri air sedikit. Rebus sebentar.
  4. Setelah 10 menit masukkan pete dan telur puyuh yg sdh dikupas, beri garam,gula, penyedap rasa. Tunggu 5 menit
  5. Terakhir masukkan santan, koreksi rasa. Mangut siap disajikan..

Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved