Cara Gampang Membuat Mangut ikan asap, Bisa Manjain Lidah

Barry Lopez   08/10/2020 04:22

Mangut ikan asap
Mangut ikan asap

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut ikan asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut ikan asap memakai 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut ikan asap:
  1. Sediakan Ikan asap (jenis apa saja)
  2. Sediakan Santan cair (saya kira2 saja mengikuti jumlah ikan asap)
  3. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  4. Sediakan Bumbu iris:
  5. Sediakan Cabe (opsional)
  6. Ambil 2 buah tomat (iris)
  7. Siapkan 4 bawang merah (iris)
  8. Gunakan 4 bawang putih (iris)
  9. Gunakan Bumbu halus:
  10. Gunakan 5 bawang putih
  11. Gunakan 3 cm kunyit
  12. Sediakan Sedikit kencur
  13. Gunakan 4 buah kemiri (sangrai)

Mangut ikan adalah menu makanan yang memiliki citarasa khas. Mangut ikan biasa di buat menggunakan ikan asap, kemudian dimasak kembali dengan kuah santan dan macam macam bumbu. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Cara membuat Mangut ikan asap:
  1. Tumis bumbu iris dan daun jeruk sampai setengah matang, lalu masukkan bumbu halus. Tumis sampai harum dan kuning
  2. Setelah harum, masukkan santan&ikan asap. Gunakan api kecil, aduk-aduk permukaan santan hingga mendidih agar tidak pecah. Jangan lupa masukkan garam dan sedikit gula sebagai penyedap.
  3. Setelah mendidih dan bumbu menyatu, angkat.

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved