Resep Tongkol asap kuah santan yang Enak

Jerry Soto   13/07/2020 17:26

Tongkol asap kuah santan
Tongkol asap kuah santan

Anda sedang mencari inspirasi resep tongkol asap kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol asap kuah santan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol asap kuah santan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan tongkol asap kuah santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Pas banget yaa ada challenge #FinalJagoRecook_Yog. Nah, tongkol asapnya saya masak kuah santan pake cabe ijo ala mbak @Alesha Naima Putri.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat tongkol asap kuah santan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tongkol asap kuah santan memakai 15 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Tongkol asap kuah santan:
  1. Gunakan 1 ekor tongkol asap
  2. Sediakan 6 bh bawang merah (iris)
  3. Siapkan 4 siung bawang putih (iris)
  4. Siapkan 1 bh cabe hijau (iris serong)
  5. Siapkan 1 bh cabe merah(iris serong)
  6. Ambil 3 bh cabe rawit (sesuai selera)
  7. Sediakan 1 ruas jahe (geprek)
  8. Gunakan 1 ruas lengkuas (geprek)
  9. Gunakan 2 lmbr daun salam
  10. Gunakan 2 lmbr daun jeruk
  11. Gunakan 1 btg sereh
  12. Gunakan 1 bks santan kara (65ml)
  13. Sediakan Garam
  14. Sediakan Gula
  15. Sediakan Royco ayam

Yuk langsung kita praktekkan membuat Tongkol Asap Santan Cabe Ijo. Pas banget yaa ada challenge #FinalJagoRecook_Yog. Nah, tongkol asapnya saya masak kuah santan pake cabe ijo ala mbak @Alesha Naima Putri. Tongkol asap kuah santan. tongkol asap, tomat hijau, tomat merah, cabai keriting hijau, cabai rawit merah, santan cair, Minyak untuk menumis, bawang merah Fitri Yulianti.

Cara membuat Tongkol asap kuah santan:
  1. Pisahkan duri dari ikan tongkolnya,kemudian potong jadi 3-4 bagian,kemudian goreng sebentar,angkat dan sisihkan
  2. Tumis semua bumbu iris,jika sudah harum masukan jahe,lengkuas,sereh daun salam dan daun jeruk,setelah harum tambahkan air biarkan mendidih
  3. Setelah mendidih,masukan santan,garam,gula,penyedap,aduk2, lalu masukan ikan tongkol biarkan sampe 4-5 mnit koreksi rasa jika sudah pas dan air sedikit berkurang matikan api sajikan dengan nasi hangat,,

Bisa menjadi stock lauk sarapan untuk yang mager dan buru-buru berangkat kerja. Sajikan ikan tongkol asap kuah santan pedas buatan Anda untuk keluarga tercinta. Makanan lezat ini dapat Anda sajikan sebagai menu makan malam, sajikan bersama nasi panas. Demikian yang dapat dibagikan mengenai resep ikan tongkol asap kuah santan pedas. Semoga ulasan mengenai cara memasak ikan asap santan pedas ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tongkol asap kuah santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved