Resep Cuko Pempek Asli Kental Anti Gagal

Myra Keller   14/08/2020 16:21

Cuko Pempek Asli Kental
Cuko Pempek Asli Kental

Sedang mencari ide resep cuko pempek asli kental yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek asli kental yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek asli kental, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cuko pempek asli kental yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Tanpa cuka-cukaan, karena cuka ga bagus bisa ngerusak gigi. No micin-micin juga :) Happy cooking! olive bunda qonita. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cuko pempek asli kental sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek Asli Kental memakai 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cuko Pempek Asli Kental:
  1. Siapkan 500 ml air
  2. Ambil 3 gelondong gula aren
  3. Gunakan 1 sdm penuh asem jawa
  4. Sediakan 10 siung bawang putih
  5. Siapkan 6 buah cabe rawit merah (sesuai selera pedes masing-masing)
  6. Gunakan 1 sdt garam

Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Biasanya Cuko Pempek lebih nikmat dimasak sehari sebelum di hidangkan bersama pempek. Rasa yang didapat dari Cuko Pempek Asli Palembang ini adalah pedas, manis, dan asam, rasa asamnya didapat dari asam jawa atau Cuka. Resep Masakan - Hallo sahabat semua, Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi Resep Membuat Cuko Pempek Asli Palembang Enak, Kental Dan Pedas.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko Pempek Asli Kental:
  1. Masak gula aren dan asem jawa dengan air sampai mendidih. Ukuran gula arennya spt foto di bawah ya, Moms. Harus gula aren ya, kalau diganti gula jawa biasa nanti rasanya beda. Gula arennya gelondongan langsung cemplungin aja, ga perlu diiris2, nanti dia larut sendiri :)
  2. Sembari nunggu mendidih, haluskan cabe rawit dan bawang putih.
  3. Setelah mendidih, matikan api, saring air rebusan gula aren dan asem jawa, supaya ga ada yang gerenjel2 nanti.
  4. Masak lagi air rebusan yang sudah disaring, campurkan cabe rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam dan aduk sampai rata hingga mendidih lagi (kurleb 5 menit). Matikan api lalu saring lagi. Cuko siap disiramkan ke pempek yang sudah digoreng :)

Ingin sesekali menikmati sedapnya hasil masakan sendiri bukan? atau juga memasak sendiri buat orang tercinta. Yuk cobain memasak sajian resep ini dirumah dengan bahan dasar yang mudah di dapat. Siapa yang tidak mengenal Pempek Palembang yang khas teraso iwaknyo (ikan), dan juga rasa cuka /cuko yang khas. Salah satu aneka jajanan yang sudah sangat terkenal ini adalah kuliner asli Palembang dengan adonan dasar campuran tepung sagu dan ikan serta disajikan dengan kuah cuka yang kental. Ternyata dibalik kuah cuko khas Palembang, ada tongcai alias asinan sayuran lobak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cuko pempek asli kental yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved