Resep Ikan asar/asap kuah santan, Sempurna

Luis Blair   21/06/2020 10:22

Ikan asar/asap kuah santan
Ikan asar/asap kuah santan

Sedang mencari inspirasi resep ikan asar/asap kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan asar/asap kuah santan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Iwak pe (ikan pari asap) kuah santan enak lainnya. Ikan asap termasuk salah jenis ikan olahan yang banyak dan mudah didapatkan di pasaran. Salah satu kelebihan ikan asap sehingga banyak diburu adalah daya tahannya yang cukup lama.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan asar/asap kuah santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan asar/asap kuah santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ikan asar/asap kuah santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ikan asar/asap kuah santan memakai 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan asar/asap kuah santan:
  1. Ambil 1/2 ekor ikan ekor kuning/tuna asap
  2. Siapkan 3 buah kentang potong2
  3. Gunakan 200 ml santan kental (me kara)
  4. Ambil secukupnya Air
  5. Ambil Garam
  6. Sediakan Lada
  7. Gunakan Bumbu yang dihaluskan:
  8. Ambil 5 bawang putih
  9. Ambil 9 bawang merah
  10. Sediakan 4 buah kemiri
  11. Ambil Bumbu pelengkap:
  12. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  13. Gunakan 2 ruas lengkuas
  14. Sediakan 7 buah cabe rawit

Sajikan ikan tongkol asap kuah santan pedas buatan Anda untuk keluarga tercinta. Makanan lezat ini dapat Anda sajikan sebagai menu makan malam, sajikan bersama nasi panas. Demikian yang dapat dibagikan mengenai resep ikan tongkol asap kuah santan pedas. Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari.

Langkah-langkah membuat Ikan asar/asap kuah santan:
  1. Langkah 1: patah2kan ikan asap/potong sesuai selera lalu goreng sebentar dan sisihkan
  2. Langkah 2: potong-potong kentang jadi ukuran sedang
  3. Langkah 3: bumbu yang mau dihaluskan sebelumnya digoreng sebentar lalu dihaluskan (me blender)
  4. Langkah 4: masukkan semua bahan ikan asap+kentang+bumbu halus+bumbu pelengkap+santan+air+garam+lada masak hingga mendidih dan matang sempurna.. lalu siap dihidangkan🤗

Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar. Sehingga mampu menampung banyak air. ½ kg ikan pe asap, dicuci hati-hati jangan sampai dagingnya hancur. Lihat juga resep Ikan cucut kuah santan segar dan mudah enak lainnya. Seperti menu andalan yang ada di warung Wahyudi, di Kelurahan Badean, Bondowoso. Ikan pe asap kuah santan pedas..

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan asar/asap kuah santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved