Resep Mangut Manyung Asap Pedas Anti Gagal

Douglas Sutton   27/08/2020 08:42

Mangut Manyung Asap Pedas
Mangut Manyung Asap Pedas

Sedang mencari inspirasi resep mangut manyung asap pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung asap pedas yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut manyung asap pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut manyung asap pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Kalo di daerah Semarang dan juga daerah pesisir pantura pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini ya moms. Yup. kepala ikan manyung yang di asap di masak dengan bumbu pedas. Saya akan coba bagikan resep nya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut manyung asap pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Manyung Asap Pedas memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Manyung Asap Pedas:
  1. Ambil 10 ptg ikan asap manyung
  2. Ambil 6 ptg tahu magel (bagi 2)
  3. Sediakan 2 bks santan kara
  4. Gunakan 200 ml air matang
  5. Siapkan 1 bks Masako ayam
  6. Gunakan 2 lembar daun salam
  7. Gunakan 1 btg serai
  8. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 1 ruas jari laos
  10. Sediakan 2 btg daun bawang (potong sesuai selera)
  11. Siapkan 20 buah Cabe rawit merah (cincang kasar)
  12. Ambil 2 buah tomat hijau (potong kasar)
  13. Ambil secukupnya Daun kemangi
  14. Sediakan Bumbu Halus :
  15. Sediakan 5 siung bawang putih
  16. Ambil 5 siung bawang merah
  17. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  18. Siapkan 2 ruas jahe
  19. Sediakan 3 buah kencur uk.sedang
  20. Ambil 1 ruas kunyit
  21. Siapkan sesuai selera Garam
  22. Gunakan Bawang goreng utk taburan.

Mangut kepala ikan hiu pedas banget. Mangut adalah masakan Indonesia yang populer di pantai utara yang juga menjadi masakan khas Semarang dan sekitarnya. Mangut sangat pas menggunakan ikan asap. Bukannya kapok, kami justru makin lahap makan.

Langkah-langkah membuat Mangut Manyung Asap Pedas:
  1. Goreng ikan asap dan tahu, sampai setengah kering. Sambil menyiapkan bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus bersama salam, daun jeruk, laos, serai - sampai harum. Tuangkan 200 ml air matang. Aduk merata supaya nyampur…biarkan mendidih dgn api sedang.
  3. Masukkan tahu dan ikan yg sudah digoreng. Tambahkan Masako dan garam sesuai selera. Aduk dan diamkan 5 menit.
  4. Masukkan santan dan kecilkan api, supaya santan gak pecah. Tambahkan cabe rawit cincang. Jangan lupa sesekali di aduk. Tunggu sampai matang sehingga pedasnya terasa.
  5. Terakhir tambahkan irisan tomat hijau dan daun bawang… masak sebentar. Matikan api. Setelah itu masukkan daun kemangi. Tinggal ditabur bawang goreng, jika mau disajikan…

Sebab paduan daging ikan manyung kenyal dengan semburat aroma asap yang khas plus kuah mangut pedas memang paling pas dijodohkan. Ndas adalah sebutan dalam bahasa Jawa, yang artinya kepala. Dan Manyung adalah salah satu jenis ikan yang paling favorit dijadikan ikan asap. Jadi Ndas Manyung adalah kuliner yang berasal dari kepala ikan Manyung. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut Manyung Asap Pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved