Resep Mangut ikan tongkol asap yang Bisa Manjain Lidah

Tillie Campbell   22/11/2020 08:12

Mangut ikan tongkol asap
Mangut ikan tongkol asap

Sedang mencari ide resep mangut ikan tongkol asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan tongkol asap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Edisi pengen banget makan mangut ikan asap. Berhubung disini belum nemu ikan pari asap, belinya ikan tongkol (boleh diganti ikan jenis lain, sesuai selera). Maksud hati mau di asap sendiri di rumah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan tongkol asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan tongkol asap enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut ikan tongkol asap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut ikan tongkol asap memakai 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut ikan tongkol asap:
  1. Gunakan 2 ikan tongkol yg sdh di asap
  2. Siapkan 5 potong tahu..bila suka bisa di tambah terong.
  3. Gunakan 5 buah cabe ijo besar..iris serong
  4. Gunakan 10 biji cabe rawit merah biarkan utuh
  5. Sediakan 5 buah cabe merah besar
  6. Sediakan 5 buah kemiri
  7. Gunakan 7 butir bawang merah
  8. Sediakan 5 siung bawang putih
  9. Siapkan 1 iris kencur
  10. Siapkan 2 lmbr daun jeruk
  11. Sediakan 1 iris laos
  12. Siapkan 2 lmbr daun salam
  13. Sediakan secukupnya santan
  14. Siapkan gula..garam..penyedap rasa
  15. Gunakan 1 buah tomat
  16. Gunakan 1 papan petai

Mangut ikan pe ini berkuah 'nyemek', sedikit kental dan sangat sedap! T ESTIMONI PEMBACA L y Ummu Bismillah Masak apa hari ini untuk keluarga tercinta? Kemaren ke pasar nemu ikan asap ikan pee alias ikan pari hhmm jadi teringat kpn hari pengen makan mangut. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia.

Cara menyiapkan Mangut ikan tongkol asap:
  1. Cuci ikan asap
  2. Iris bawang merah…..lombok ijo..tomat
  3. Uleg lombkk merah…kencur..kemiri..bawang putih sampai halus
  4. Tumis bawang merah sampai harum lalu masukkan bumbu uleg…salam..laos..daun jeruk
  5. Setelah layu masukkan ikan asap dan tahu…tambahkan air…gula..garam..penyedap rasa…sampai mendidih…lalu masuk kan santan kental…koreksi rasa…bila sdh pas masukkan petai..tomat iris..daun kemangi…dan angkat..siap sajikan

Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut ikan tongkol asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved