Cara Gampang Menyiapkan Ayam Katsu yang Sempurna

Jeanette Reese   09/07/2020 01:28

Ayam Katsu
Ayam Katsu

Anda sedang mencari ide resep ayam katsu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam katsu yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam katsu, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ayam katsu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lebih terkenal sebagai salah satu menu andalan di rumah makan cepat saji ala jepang, ayam katsu ini juga cocok sekali dijadikan lauk bekal. Buah hati atau orang terkasih pasti akan senang sekali saat membuka kotak bekalnya dan melihat menu ini tersaji cantik di dalamnya. Akan lebih nikmat jika ditemani dengan salad sayur mayonaise dan siraman saus sambal, saus tomat atau saus tiram.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam katsu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Katsu memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Katsu:
  1. Ambil Bahan Marinasi
  2. Gunakan 2 siung bawang putih
  3. Siapkan 2 sdt garam
  4. Siapkan 2 sdt lada bubuk
  5. Gunakan Bahan Inti
  6. Gunakan 300 gr ayam fillet
  7. Siapkan 1 butir telur
  8. Siapkan Tepung Terigu/ Tepung Serbaguna
  9. Siapkan Tepung Roti/Panir
  10. Gunakan Bahan tambahan
  11. Gunakan 1/2 btg wortel
  12. Gunakan secukupnya Brokoli
  13. Sediakan secukupnya Selada
  14. Gunakan Mayonaise
  15. Siapkan Sambal Tomat
  16. Gunakan 3 iris tomat

Goreng ayam katsu secara deep fried (minyak banyak dan panas) hingga berwarna coklat keemasan di kedua sisinya. Penyajian: susun nasi di mangkuk, taruh ayam katsu dan sambal kecombrang di atasnya. Tambahkan selada, timun iris,dan tomat iris sebagai pelengkap. Cara Membuat Chicken Katsu Sederhana - Chicken Katsu merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Jepang.

Cara membuat Ayam Katsu:
  1. Haluskan bumbu marinasi, kemudian lumurkan pada daging ayam yang telah di fillet…diamkan 1 jam bisa semalaman agar lebih gurih
  2. Siapkan tepung basah dan tepung kering yakni tepung serbaguna, siapkan telur yg telah dikocok, dan siapkan tepung panir
  3. Daging ayam yg telah di lumuri bumbu selanjutnya celupkan pada tepung basah kemudian pada tepung kering kemudian pada telur kocok dan terakhir celupkan pada tepung panir. Baluri daging dgn tepung dan telur tsb secara merata.
  4. Goreng daging ayam yang telah dilumuri tepung panir sampai warna menguning dan matang.
  5. Sajikan ayam katsu yang telah matang dengan rebusan brokoli, wortel dan tambahkan selada + tomat.
  6. Tambahkan mayonaise + saoss tomat sesuai seleraaa

Hidangan ini merupakan sajian daging ayam tanpa tulang yang disajikan dengan baluran tepung. Berbeda dari ayam goreng tepung khas Amerika, hidangan ayam yang satu ini menggunakan tepung roti sebagai tambahan balurannya. Tahukah Anda, katsu tak hanya terbuat dari daging ayam. Tahu juga bisa digunakan sebagai gantinya, selain itu cocok juga bagi yang sedang diet. Dikutip dari instagram @resep_masakankekinan, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat katsu tahu, yang bisa Anda buat di rumah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam katsu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved