Cara Gampang Menyiapkan Gurame Asap Kuah Santan, Bikin Ngiler

Steve Porter   03/11/2020 00:50

Gurame Asap Kuah Santan
Gurame Asap Kuah Santan

Sedang mencari inspirasi resep gurame asap kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asap kuah santan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gurame asap kuah santan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan gurame asap kuah santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Lagi² masakan favorit suami nih dijamin ketagihan 🥰 Hayuuk moms dicobain yah Happy cooking ☺ Erna. Lagi² masakan favorit suami nih dijamin ketagihan 🥰 Hayuuk moms dicobain yah Happy cooking ☺ Gurame Asap Kuah Santan. Lagi² masakan favorit suami nih dijamin ketagihan 🥰 Hayuuk moms dicobain yah Happy cooking ☺ Erna.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gurame asap kuah santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gurame Asap Kuah Santan memakai 16 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Gurame Asap Kuah Santan:
  1. Gunakan 1 ekor ikan gurame asap
  2. Sediakan 1 santan kara
  3. Siapkan 2 lbr daun jeruk purut
  4. Sediakan 3 helai daun bawang
  5. Sediakan 1 ikat daun kemangi
  6. Ambil Minyak untuk menumis
  7. Ambil secukupnya Air
  8. Ambil Gula
  9. Siapkan Garam
  10. Sediakan Kaldu jamur
  11. Siapkan Bumbu halus :
  12. Sediakan 5 siung bawang putih
  13. Gunakan 2 siung bawang merah
  14. Sediakan 3 ruas kencur
  15. Ambil 5 cabe merah besar
  16. Gunakan 5 cabe rawit (yg suka pedas bisa ditambah ya)

Menu ini bisa dijadikan menu utama yang siap memanjakan lidah. Menyerupai gulai, resep ini memiliki keistimewaan yaitu adanya kacang tanah. Kacang dihaluskan bersama bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kencur. Di video kali saya akan membagikan resep Ikan gurame kuah santan.

Cara menyiapkan Gurame Asap Kuah Santan:
  1. Iris bumbu halus tumis sebentar hingga kekuningan kemudian haluskan
  2. Tumis kembali bumbu halus lalu tambahkan tempe yg sudah dipotong² masukkan air kemudian santan
  3. Potong ikan gurame jadi 2 bagian masukkan ke dalam kuah, masukkan juga Gula Garam & kaldu jamur cek rasa. Jangan lupa masukkan daun bawang & daun kemangi. Tunggu hingga kuah meresap & siap dihidangkan.

Lihat juga resep Iwak pe (ikan pari asap) kuah santan enak lainnya. Resep gurame kuah santan kuning punya rasa spesial. Rasa bumbu halusnya begitu spesial karena kehadiran kacang. Dibawah ini adalah informasi Resep Ikan Pari Asap Kuah Santan. Tumis bumbu halus hingga harum, tuang santan dan tambah kecap manis Bango, masak hingga mendidih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat gurame asap kuah santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved