Bagaimana Menyiapkan Mangut lele, Sempurna

Rosie Lynch   22/07/2020 05:22

Mangut lele
Mangut lele

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut lele enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut lele yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut lele memakai 25 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut lele:
  1. Siapkan 1/2 kg ikan lele (me, isi 6 ekor)
  2. Sediakan 5 sdt garam halus
  3. Gunakan bumbu, haluskan :
  4. Siapkan 5 siung bawang putih
  5. Gunakan 6 siung bawang merah
  6. Ambil 1/2 ruas jari kunyit
  7. Siapkan 1/2 ruas jari jahe
  8. Ambil 3 butir kemiri
  9. Ambil 1 sdt ketumbar
  10. Sediakan 1/2 sdt merica
  11. Sediakan 5 buah cabe keriting merah (optional)
  12. Gunakan 10 buah rawit merah (optional)
  13. Sediakan bahan lain :
  14. Siapkan 2 lembar daun salam
  15. Sediakan 1 jempol lengkuas
  16. Ambil 2 batang sereh
  17. Siapkan 10 lembar daun jeruk purut
  18. Sediakan 1 liter santan kelapa
  19. Sediakan 5 buah rawit merah untuk taburan akhir
  20. Gunakan daun kemangi satu genggam, untuk taburan akhir
  21. Ambil 1 buah tomat merah, belah menjadi beberapa bagian
  22. Ambil minyak goreng secukupnya untuk menggoreng lele dan menumis bumbu
  23. Sediakan 1 sdt garam
  24. Sediakan 1/2 sdt kaldu jamur
  25. Sediakan 1 sdt gula pasir

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Cara membuat Mangut lele:
  1. Siangi lele dan cuci bersih, tiriskan.
  2. Campurkan lele dengan garam 5sdt, campurkan hingga merata. tdk usah diberi air ya, nnti keluar airnya sndiri. biarkan terendam garam selama 1 jam.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng lele hingga matang dan kering.
  4. Haluskan semua bumbu halus.
  5. Panaskan santan, sambil menunggu santan panas, tumis bumbu halus dengan daun salam, lengkuas, sereh dan daun jeruk. tumis hingga bumbu matang. ciri bumbu matang, minyaknya terlihat terpisah dengan bumbunya dan bau langu hilang.
  6. Sambil menumis, cek santan rebusnya ya, jgn sampai pecah. bgtu bumbu tumisan matang, masukkan ke dalam santan yang mendidih. aduk2 hingga merata dan bumbu menyatu dengan santan.
  7. Masukkan garam, kaldu jamur dan gula pasir. aduk2 hingga mendidih kembali, masukkan ikan lele yg sdh dgoreng.
  8. Aduk2 bumbu santan perlahan, karena sdh masuk ikannya, rebus sebentar saja supaya lele tidak lodoh. perbaiki rasa, masukkan rawit, kemangi dan tomat. sajikan

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut lele yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved