Cara Gampang Membuat Mangut lele Anti Gagal

Amanda Stokes   28/06/2020 10:57

Mangut lele
Mangut lele

Sedang mencari inspirasi resep mangut lele yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mangut lele enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut lele yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut lele menggunakan 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut lele:
  1. Gunakan 5 ekor lele (kerat" dan goreng)
  2. Gunakan 1 bgks kara kecil
  3. Gunakan secukupnya Cabe rawit merah
  4. Siapkan secukupnya Kemangi
  5. Siapkan 1 serai geprek
  6. Sediakan 2 lembar daun salam
  7. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  8. Ambil 1 ruas lengkuas geprek
  9. Sediakan secukupnya Garam
  10. Ambil secukupnya Gula pasir
  11. Gunakan secukupnya Penyedap rasa
  12. Siapkan Bumbu halus :
  13. Sediakan 1 sdt ketumbar (sangrai)
  14. Siapkan 5 siung bawang merah
  15. Sediakan 2 siung bawang putih
  16. Ambil 1 ruas kunyit
  17. Siapkan 1 cm kencur
  18. Siapkan 3 butir kemiri sangrai

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Cara menyiapkan Mangut lele:
  1. Siapkan semua bahan,goreng lele hingga matang,sisihkan.ulek semua bumbu halus
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan masukan bumbu2 lainya setelah matang dan berubah warna masukan santan kara aduk rata
  3. Lalu masukan air secukupnya,masukan garam gula dan penyedap koreksi rasa,lalu masukan lele yg sdh di goreng tadi setelah mulai mendidih masukan kemangi dan cabe rawit(maaf cabe rawit nya sy skip karena ada anak2 yg ga doyan pedes),masak terus hingga air sedikit menyusut…lalu mangut lele siap di sajikan

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut lele yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved