Resep Mangut ikan asap tenggiri, Lezat

Lenora Yates   09/09/2020 23:54

Mangut ikan asap tenggiri
Mangut ikan asap tenggiri

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan asap tenggiri yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap tenggiri yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap tenggiri, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan asap tenggiri enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Manggut Ikan Tenggiri Asap enak lainnya. Mangut tenggiri asap (tanpa santan) Setelah kemarin bikin ikan asap sambal matah dan sambal cakalang, sekarang saya coba bikin mangut tapi tanpa santan dan daun jeruk. Jujur saya belum pernah mencoba masakan mangut ini, cuma pas baca di web Just try and Taste punya Mbak Endang ( makasi Mbak 😍), kok bumbunya mirip " ayam panggang nyat nyatan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut ikan asap tenggiri sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut ikan asap tenggiri menggunakan 22 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut ikan asap tenggiri:
  1. Sediakan 5 tusuk ikan asap
  2. Siapkan 5 siung bawang merah
  3. Ambil 3 siung bawang putih
  4. Siapkan 1 buat tomat
  5. Ambil 3 buah cabe merah
  6. Siapkan 2 buah cabe hijau
  7. Sediakan 10 buah cabe rawit
  8. Sediakan Jahe iris kecil
  9. Ambil Lengkuas iris kecil
  10. Gunakan 1 buah sereh
  11. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  12. Siapkan 2 lembar daun salam
  13. Sediakan Garam
  14. Gunakan Gula
  15. Ambil Santan kara kecil
  16. Gunakan Air
  17. Ambil Bumbu halus:
  18. Sediakan 1 siung bawang putih
  19. Gunakan 1 siung bawang merah
  20. Siapkan 3 buah cabe rawit setan
  21. Siapkan 3 buah kemiri
  22. Ambil Garam

Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut ikan asap tenggiri:
  1. Iris bawang, cabe, tomat.. Haluskan bumbu halus
  2. Panaskan wajan, beri minyak.. Tumis bumbu halus, lalu masukan irisan bw, cabe, tomat,jahe,lengkuas,sereh,daun salam, daun jeruk, Tumis hingga harum.. Lalu tambahkan air, santan kara.
  3. Masak hingga mendidih, lalu masukan ikan asap,garam,gula.. Masak hingga santan menyusut..icipi rasa, angkat sajikan

Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut ikan asap tenggiri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved