Cara Gampang Menyiapkan Mangut lele yang Lezat

Catherine Bowen   10/11/2020 20:27

Mangut lele
Mangut lele

Sedang mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut lele yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut lele sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Mangut lele menggunakan 22 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut lele:
  1. Gunakan ~ 1/2kg lele segar
  2. Ambil ~ jeruk nipis
  3. Sediakan ~ santan instan
  4. Ambil ~ garam
  5. Sediakan ~ gula jawa
  6. Gunakan ~ penyedap rasa
  7. Ambil ~ sedikit air
  8. Gunakan bumbu halus :
  9. Gunakan ~ 8 siung bawang merah
  10. Siapkan ~ 4 siung bawang putih
  11. Gunakan ~ 10 biji cabe merah
  12. Ambil ~ 8 biji cabe rawit
  13. Sediakan ~ kunyit
  14. Sediakan ~ jahe
  15. Siapkan ~ ketumbar
  16. Gunakan Bumbu cemplung :
  17. Ambil ~ daun jeruk
  18. Sediakan ~ sereh
  19. Sediakan ~ daun salam
  20. Gunakan Pelengkap :
  21. Sediakan ~ cabe rawit utuh
  22. Gunakan ~ daun kemangi

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Langkah-langkah membuat Mangut lele:
  1. Marinasi lele dgn jeruk dan garam 15 mnit
  2. Goreng lele setengah mateng.. tidak perlu terlalu kering.. angkat sisihkan
  3. Haluskan semua bumbu halus
  4. Tumis bumbu halus hingga matang.. tambahkan bahan cemplung..
  5. Tambahkan sedikit air.. tambahkan santan instan.. masak hingga mendidih.. tambahkan gula garam dan penyedap. Koreksi rasa
  6. Masukkan lele yg sudah di goreng..tambahkan cabe rawit utuh dan daun kemangi
  7. Masak hingga matang.. dan Mangut lele siap di hidangkan 😊😊 Selamat mencoba 😙

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved