Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut Ikan Asap dan Tahu Anti Gagal

Abbie Andrews   24/10/2020 14:03

Mangut Ikan Asap dan Tahu
Mangut Ikan Asap dan Tahu

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap dan tahu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap dan tahu yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap dan tahu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut ikan asap dan tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Mangut ikan panggang/asap dan tahu simple mudah dan lezat Ikan panggang/asap (boleh apasaja), Tahu putih (boleh digoreng/tidak, sesuai selera saja), bawang merah (haluskan), bawang putih (haluskan), Cabe setan (iris saja), kemiri (haluskan), Kencur sedikit saja (haluskan), Lengkuas (geprek) Resep Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong. Yeayyy ditawari si mbak mlijo ikan pari asap😁 seneng sekali dong😂 scr agak jarang banget si mbak ini bawa ikan beginian. Dan ini adalah kesukaan pak suami🤭 Akhirnya bisa praktek masak ikan pari asap👌 biar sekalian ada sayurnya, aku tambahin terong hijau.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap dan tahu yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Ikan Asap dan Tahu memakai 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut Ikan Asap dan Tahu:
  1. Sediakan 4 siung bawang merah
  2. Gunakan 2 siung bawang putih
  3. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  4. Gunakan 9 buah cabe rawit (doyan pedes)
  5. Sediakan 4 buah cabe merah
  6. Ambil 1/2 ruas lengkuas
  7. Ambil 1/2 ruas kunyit
  8. Sediakan 1/2 ruas jahe
  9. Siapkan 1/2 sdt ketumbar
  10. Ambil 2 buah kemiri
  11. Siapkan sedikit merica (pakai bubuk)
  12. Gunakan 1 sdt garam
  13. Siapkan 3/4 sdt gula
  14. Sediakan 300 ml air
  15. Sediakan 1 buah santan kara
  16. Sediakan 4 potong ikan asap (potongan agak kecil)
  17. Gunakan beberapa potong tahu

Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas. Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Mulai dari ikan sarden, tengiri, ikan nila, ikan asap, hingga ikan pe. Meskipun setiap jenis ikan memiliki rasa yang berbeda, namun Anda masih dapat merasakan nikmatnya bumbu kuah mangut yang kental dengan bahan rempah.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Ikan Asap dan Tahu:
  1. Goreng setengah matang potongan tahu. Tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu kecuali merica (karena pakai merica bubuk)
  3. Tuangkan sedikit minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan
  4. Masukkan potongan ikan asap yg telah dicuci dan potongan tahu kemudian tambahkan 300 ml air, diamkan kurleb 4 menit
  5. Tambahkan santan yg telah dilarutkan ke 200 ml air.
  6. Taburkan merica bubuk dan cek rasanya.

Lihat juga resep Mangut tongkol asap tahu tempe enak lainnya. Tadi belanja di warung ngeliat ada ikan pari asap, mari kita olah menjadikan makanan yg enak dan bergizi Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Bahan-bahan: - Ikan asap - Tahu coklat - Santan - Daun salam - Lengkuas.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan asap dan tahu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved