Resep Mangut Ikan Asap yang Bikin Ngiler

Elsie Dennis   06/08/2020 18:55

Mangut Ikan Asap
Mangut Ikan Asap

Lagi mencari ide resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut ikan asap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Asap menggunakan 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut Ikan Asap:
  1. Ambil iris Bawang merah
  2. Sediakan iris Bawang putih
  3. Ambil Lengkuas
  4. Sediakan Daun salam
  5. Siapkan Minyak goreng
  6. Ambil Gula jawa
  7. Sediakan Garam
  8. Sediakan Cabe rawit iris miring
  9. Sediakan Cabe merah dan hijau keriting iris miring
  10. Ambil Santan kental
  11. Sediakan ikan asap
  12. Siapkan Penyedap rasa
  13. Siapkan Terong
  14. Sediakan Pete

Ikan kembung asap, diolah mangut santan pedas dengan tambahan daun kemangi. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak.

Langkah-langkah membuat Mangut Ikan Asap:
  1. Cuci ikan asap taburi garam. Panggang ikan asap dengan wajan teflon dikasih minyak sedikit saja
  2. Panaskan wajan dengan minyak, masukan bawang merah, bawang putih, cabe,lengkuas dan daun salam tumis² dan masukan petai dan terong yang diiris dadu tumis beri garam, dan gula jawa tumis api sedang.
  3. Masukan air sedikit lalu masukan ikan asapnya. Tumis² sampai sedikit layu masukan air tunggu 10 menit masukan santan kental dan penyedap rasa dengan api sedang sambil diaduk
  4. Selesai, taburi bawang goreng dan siap dihidangkan

Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved