Resep Mangut Lele yang Bisa Manjain Lidah

Mason Richards   09/09/2020 05:31

Mangut Lele
Mangut Lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut lele yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut lele sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut Lele memakai 23 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Lele:
  1. Siapkan 1 kg ikan lele (bisa isi 8/10)
  2. Sediakan 1 ikat daun kemangi
  3. Sediakan 1 buah tomat (saya pakai yang warna kekuningan)
  4. Siapkan 2 buah jeruk nipis
  5. Siapkan 500 ml santan kental (saya pakai kelapa parut yg sudah dikupas)
  6. Siapkan 5 siung bawang merah
  7. Siapkan 2 siung bawang putih
  8. Sediakan 5 buah cabai keriting merah
  9. Ambil 5 buah cabai rawit merah
  10. Sediakan 1/2 butir kemiri
  11. Gunakan 1 ruas kunyit (saya pakai kira kira 3 cm)
  12. Ambil secukupnya gula jawa
  13. Gunakan 1 ruas laos
  14. Ambil 1 sdm ketumbar halus
  15. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  16. Ambil 1 lembar daun salam
  17. Ambil 1 ruas lengkuas, memarkan
  18. Ambil 1 batang serai, memarkan
  19. Siapkan 1 sdm kecap manis
  20. Siapkan secukupnya garam
  21. Gunakan 1/2 sdt lada
  22. Siapkan 1/2 sdt penyedap rasa
  23. Sediakan Minyak untuk menggoreng

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Langkah-langkah membuat Mangut Lele:
  1. Cuci bersih lele, kemudian letakan dalam baskom. Haluskan bawang putih dan garam, campurkan ke dalam baskom bersama dengan jeruk nipis. Tutup baskom dan biarkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, goreng lele hingga kering.
  3. Selagi menggoreng lele, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai keriting merah, cabai rawit merah, kemiri, dan kunyit (saya blender tambahkan sedikit air). Bersihkan kemangi ambil daunnya saja. Potong tomat menjadi 8 bagian.
  4. Siapkan wajan, beri sedikit minyak kemudian tumis sampai harum. Tambahkan gula jawa, laos, ketumbar halus, daun jeruk, salam, lengkuas, serai, kecap manis, garam, lada, penyedap rasa, dan jeruk nipis (biasanya saya potong hilangkan isinya). Setelah bumbu matang dan mendidih (mengeluarkan gelembung tanda tanak) masukan santan kental. Aduk terus hingga santan masak, jangan sampai santan pecah (biasanya saya gunakan api sedang dan aduk perlahan). Perbaiki rasa.
  5. Setelah santan mendidih dan rasa sudah pas, masukkan lele yang sudah digoreng tadi, tunggu hingga meresap. Setelah itu, masukkan daun kemangi dan tomat tunggu sedikit layu. Angkat. (biasanya saya mau diangkat baru masukkan kemangi dan tomat supaya tidak terlalu layu dan hancur walaupun sudah dingin)
  6. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved