Bagaimana Membuat Mangut Ikan Asap khas Semarang, Lezat

Jared Ryan   31/10/2020 17:00

Mangut Ikan Asap khas Semarang
Mangut Ikan Asap khas Semarang

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan asap khas semarang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap khas semarang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap khas semarang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap khas semarang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara. Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut ikan asap khas semarang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut Ikan Asap khas Semarang memakai 21 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Ikan Asap khas Semarang:
  1. Sediakan Ikan asap
  2. Sediakan Terong
  3. Sediakan 65 ml santan instan
  4. Ambil 3 cm lengkuas (geprek)
  5. Gunakan 3 cm jahe (geprek)
  6. Siapkan Sereh (geprek)
  7. Siapkan 3 lembar daun salam
  8. Ambil 3 lembar daun jeruk
  9. Ambil secukupnya Air
  10. Ambil Penyedap rasa
  11. Siapkan Garam
  12. Gunakan Minyak goreng
  13. Siapkan Bumbu halus
  14. Ambil 8 siung bawang merah
  15. Ambil 4 siung bawang putih
  16. Sediakan 3 buah cabe keriting
  17. Ambil 3 buah cabe setan
  18. Ambil 3 cm kunyit
  19. Ambil 3 cm kencur
  20. Sediakan 1 sdt ketumbar
  21. Gunakan 2 butir kemiri

Seperti namanya, Ikan Asap proses pembuatannya pun melalui pengasapan. Ikan segar yang sudah diiris-iris dan dicuci bersih, kemudian disusun satu persatu diatas tungku yang digunakan untuk mengasapi. pembuatan ikan asap ( mangut ) khas semarang Dengan informasi yang saya terima dari teman yang gemar dengan kuliner khas Indonesia, dia memberitahukan bahwa ada satu bahan makanan yang mana bahan makanan itu dibuat dari ikan yang diproses melalui pengasapan yang lebih dikenal dengan nama "MANGUT". Kualitas ikan pari asap yang bagus akan menentukan cita rasa mangutnya. Selain ikan pari, ada juga penjual mangut yang menggunakan ikan lele, manyung, bahkan belut.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Asap khas Semarang:
  1. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, bumbu geprek dan daun daunan, tumis hingga berminyak
  2. Tambahkan air secukupnya, biarkan hingga mendidih
  3. Masukkan terong, ikan asap, garam, penyedap rasa, biarkan mendidih
  4. Masukkan santan instan, aduk hingga mendidih
  5. Koreksi rasa
  6. Siap dinikmati

Ikan pari dan manyung umumnya akan kamu temukan di kawasan pinggir pantai sementara lele dan belut akan kamu jumpai kalau kamu berwisata kuliner di tempat yang jauh dari pantai. Setau saya Mangut adalah masakan khas dari Semarang (mohon maaf jika salah ),menggunakan ikan asap di masakan mangut harum aroma khas ikan asap sangat dominan di sayur ini, berbagai campuran bumbu dapur masuk dalam resep masakan ini, diantaranya adalah kencur dan daun jeruk purut. masakan termasuk ke dalam jenis masakan yang bersantan, mempunyai citarasa pedas yang membuat orang ketagihan . COM, SEMARANG - Mangut dikenal sebagai makanan khas yang mudah ditemukan di jalur Pantai Utara (Pantura). Masakan berkuah santan dan berbahan ikan asap ini memang favorit. Mangut Kepala Manyung menjadi alternatif makanan khas semarang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan asap khas semarang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved