Resep Mangut Lele Anti Gagal

Arthur Baldwin   18/09/2020 08:04

Mangut Lele
Mangut Lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut lele yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Lele menggunakan 23 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Lele:
  1. Ambil 1 kg ikan lele
  2. Siapkan 6 potong tahu
  3. Gunakan 400 ml santan sedang
  4. Sediakan Air matang
  5. Siapkan 2 sdm minyak goreng
  6. Gunakan 2 buah terong ijo
  7. Gunakan Bumbu:
  8. Sediakan 5 buah cabe kriting
  9. Ambil 15 buah cabe rawit merah
  10. Sediakan 5 buah cabe hijau
  11. Ambil 5 siung bawang merah
  12. Ambil 3 siung bawang putih
  13. Siapkan 3 lembar daun salam
  14. Ambil 4 lembar daun jeruk
  15. Gunakan Seruas ibu jari laos (geprek)
  16. Gunakan 1 batang sereh (geprek)
  17. Gunakan Seruas ibu jari kencur
  18. Gunakan 1 buah tomat ukuran besar
  19. Ambil Gula
  20. Ambil Garam
  21. Gunakan Totole kaldu jamur
  22. Sediakan 1 papan pete
  23. Siapkan 1 ikat kecil daun kemangi

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Cara membuat Mangut Lele:
  1. Cuci ikan lele sampai bersih,lalu goreng hingga matang.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe kriting, cabe rawit merah, dan kencur.
  3. Iris cabe hijau dan 2 siung bawang merah.
  4. Tumis irisan bawang merah dan cabe hijau, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan laos, daun salam, sereh dan daun jeruk.
  5. Tuang santan dan air masak hingga mendidih.
  6. Masukkan ikan, tahu, irisan tomat dan irisan terong. Beri garam gula dan totole, aduk-aduk lalu koreksi rasa.
  7. Masukkan pete (boleh pakai boleh tidak tergantung selera) dan daun kemangi. Setelah matang merata matikan kompor dan angkat lalu sajikan

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved