Cara Gampang Menyiapkan Mun tahu telur yang Bisa Manjain Lidah

Carrie Rios   02/11/2020 10:42

Mun tahu telur
Mun tahu telur

Anda sedang mencari inspirasi resep mun tahu telur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mun tahu telur yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

The mun (燜/焖, literally means "braised") cooking technique suggesting its Hakka origin. While tahu is tofu in Indonesian. Its main ingredient is soft and smooth silken tofu, or its variant the yellowish egg tofu, braised with chicken, meat or seafood, sprinkled with chopped leeks.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mun tahu telur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mun tahu telur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mun tahu telur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mun tahu telur memakai 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mun tahu telur:
  1. Sediakan 1 pax tahu sutra potong kotak2 dadu
  2. Sediakan 2 sdm daging cincang boleh daging apa saja
  3. Gunakan 15 udang jari kecil2
  4. Ambil 1 btr telur kocok lepas
  5. Gunakan 2 sdm kecap ikan
  6. Sediakan merica
  7. Ambil penyedap jamur
  8. Gunakan 2 1/2 cangkir air panas
  9. Ambil 1 siung bawang putih cincang
  10. Ambil 2 sdm minyak goreng
  11. Ambil 1 sdm tepung tapioka yg sudah di beri air
  12. Ambil 1 sdm minyak wijen

Biasanya menu mun tahu banyak disajikan di restoran-restoran besar berbau Cina atau Tionghoa. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari bahan yang digunakannya seperti telur, udang, atau sayuran. Lihat juga resep Mun Tahu Telur Ayam Simpel enak lainnya. Mun (燜/焖, yang memiliki arti "direbus") merupakan teknik memasak yang berasal dari masyarakat Hakka.

Langkah-langkah menyiapkan Mun tahu telur:
  1. Panaskan wajan beri minyak tumis bawang putih sd harum
  2. Masukan daging dan udang beri minyak wijen, garam, kecap ikan, merica, penyedap jamur aduk sd berubah warna matang
  3. Masukan tahu
  4. Beri air panas
  5. Masukan telur sambil terus aduk sd telur matang
  6. Masukan tepung tapioka aduk sd kental kalo kurang kental tambah lgh tapioka yg sudah di larutkan air
  7. Terakhir masukan bawang daun test rasa

Bahan utamanya adalah tahu sutera yang lembut, atau sejenisnya seperti tahu telur kekuningan, yang direbus menggunakan ayam, daging, atau makanan laut, kemudian ditaburi daun bawang yang sudah dicacah.. Hingga saat ini, tahu masih menjadi salah satu bahan masakan yang cukup popular. Selain harganya yang murah, tahu juga memiliki kandungan gizi tinggi. Tahu dapat diolah menjadi berbagai macam sajian lezat, mulai dari goreng, rebus, kukus, hingga tumis. Diantara berbagai macam olahan tahu, salah satu makanan yang memiliki cita rasa gurih yaitu mun tahu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mun tahu telur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved