Resep Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura, Lezat

Lenora Garza   01/11/2020 09:08

Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura
Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura

Sedang mencari ide resep mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Pertama, lepaskan tusukan dari ikan asap. Next, haluskan bumbu menggunakan blender dengan tambahkan air. Tumis bumbu halus sampai matang + daun salam + daun.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura menggunakan 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura:
  1. Ambil 10 Tusuk Ikan Asap Cakalang
  2. Siapkan 2 Daun jeruk
  3. Siapkan 2 Daun salam
  4. Siapkan Jahe,geprek
  5. Sediakan Lengkuas,geprek
  6. Siapkan 1 sdm Royco
  7. Ambil 1/4 sdm Micin
  8. Siapkan 1/3 sdm Gula pasir
  9. Siapkan 1 Santan kara
  10. Sediakan 1 gelas besar Air
  11. Siapkan secukupnya Tempe,
  12. Sediakan 1 Papan Pete
  13. Sediakan Bumbu halus:
  14. Gunakan 2 Bawang merah
  15. Gunakan 3 Bawang putih
  16. Gunakan 2 Kemiri
  17. Ambil 2 cm Kunyit
  18. Sediakan 3 cm Kencur
  19. Sediakan 2 Cabai merah
  20. Gunakan 5 Cabai rawit

Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto.

Cara membuat Mangut Ikan Asap Cakalang Tempe Pete khas Pantura:
  1. Pertama, lepaskan tusukan dari ikan asap. Kemudian cuci hingga bersih, setelah airnya tiris, goreng ikan asap -+2menit.sisihkan. Potong tempe kotak-kotak, belah Pete menjadi 2 bagian.
  2. Next, haluskan bumbu menggunakan blender dengan tambahkan air. Tumis bumbu halus sampai matang + daun salam + daun jeruk + jahe lengkuas geprek. Setelah airnya menyusut,masukan potongan Pete + tempe + ikan asap. Bumbui dengan Royco Micin Gula, lalu tambahkan air. Jangan lupa cek rasa!!
  3. Last step, setelah mendidih masukkan santan lalu aduk cepat. Masak sampai semuanya matang & kuah mengental. Sajikan

Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan asap cakalang tempe pete khas pantura yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved