Bagaimana Membuat Mangut lele Anti Gagal

Ryan Walters   16/09/2020 12:54

Mangut lele
Mangut lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut lele yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut lele menggunakan 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut lele:
  1. Sediakan 5 ekor ikan lele, bersihkan lalu goreng
  2. Ambil 1 genggam daun kemangi, petiki daunnya
  3. Ambil 2 lembar daun jeruk
  4. Gunakan 1 lembar daun sereh, geprek
  5. Sediakan 2 lembar daun salam
  6. Ambil 3 buah daun jeruk
  7. Sediakan 1/2 sachet santan kara
  8. Siapkan 7 buah cabe rawit utuh
  9. Ambil 1 buah tomat, belah jd 4
  10. Siapkan Bumbu halus
  11. Sediakan 5 buah bawang merah
  12. Ambil 3 buah bawang putih
  13. Ambil 3 buah kemiri
  14. Gunakan 1 ruas kunyit
  15. Sediakan 1 ruas kencur
  16. Siapkan Cabe merah keriting (saya skip)
  17. Gunakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  18. Sediakan Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Langkah-langkah membuat Mangut lele:
  1. Siapkan bumbu, haluskan tumis bumbu sampai harum tambahkan secukupnya air
  2. Masukan santan bumbui gula garam kaldu bubuk secukupnya aduk rata dan biarkan mendidih
  3. Masukan lele yg sudah digoreng, masak sampai bumbu meresap
  4. Terakhir masukan cabe rawit,irisan tomat & daun kemangi aduk perlahan. Angkat & sajikan bersama nasi hangat 🤗

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved