Resep Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong, Sempurna

Lora Klein   01/11/2020 20:13

Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong
Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan pari asap tahu terong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan pari asap tahu terong yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan pari asap tahu terong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut ikan pari asap tahu terong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong. Yeayyy ditawari si mbak mlijo ikan pari asap😁 seneng sekali dong😂 scr agak jarang banget si mbak ini bawa ikan beginian. Dan ini adalah kesukaan pak suami🤭 Akhirnya bisa praktek masak ikan pari asap👌 biar sekalian ada sayurnya, aku tambahin terong hijau.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan pari asap tahu terong yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong memakai 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong:
  1. Ambil 4 ptg ikan pari asap
  2. Sediakan 1 bh terong hijau uk kecil
  3. Gunakan 1 1/2 kotak tahu, 1 tahu belah jd 8
  4. Sediakan 3 lbr daun salam
  5. Siapkan 2 lbr daun jeruk
  6. Ambil 1 btg sereh, digeprek
  7. Sediakan 1 ruas lengkuas, digeprek
  8. Siapkan 6 bh cabe rawit
  9. Gunakan 1 bh cabe hijau besar
  10. Siapkan 1 bgks santan instan
  11. Ambil 1 btg daun pre
  12. Siapkan Secukupnya air utk kuah
  13. Gunakan Secukupnya minyak utk menumis dan menggoreng tahu
  14. Ambil Secukupnya garam,gula dan kaldu bubuk
  15. Ambil Bumbu halus:
  16. Sediakan 3 siung bawang putih
  17. Sediakan 5 siung bawang merah
  18. Gunakan 1 ruas kencur
  19. Ambil 3 bh cabe rawit

Lihat juga resep Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong enak lainnya. Ikan ini dapat diolah dengan berbagai cara misalnya diasap. Ikan pari asap atau ada yang menyebutnya dengan nama iwak pe ini secara umum sebenarnya sudah matang, tapi jika diolah lagi, pasti akan jadi menu yang lebih mantap, apalagi jika dikuah santan seperti resep kali ini, Mangut Ikan Pari Asap Terong Hijau. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng.

Langkah-langkah membuat Mangut Ikan Pari Asap Tahu Terong:
  1. Siapkan bahan. Tahu dipotong² lalu digoreng dulu. Sisihkan. Iris serong cabe hijau. Iris 1cm daun pre.
  2. Bumbu halus di blender. Potong² ikan pari asapnya.
  3. Siapkan minyak panas. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tumis sampai wangi, tambahkan cabe hijau, tumis sebentar.
  4. Masukkan ikan pari asapnya dan terong. Aduk² lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan garam, gula dan kaldu secukupnya. Tunggu mendidih dan tes rasa. Biarkan masak sampai terong empuk.
  5. Masukkan santan instan, aduk supaya tercampur rata. Kemudian masukkan tahu goreng, daun pre dan cabe rawit. Aduk dan masak sampai mendidih. Matikan api.
  6. Pindahkan pada mangkuk saji dan hidangkan.👌👍😋

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas".

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan pari asap tahu terong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved