Resep Donat Kentang Lembut Manis yang Lezat

Ralph Leonard   31/10/2020 23:24

Donat Kentang Lembut Manis
Donat Kentang Lembut Manis

Sedang mencari inspirasi resep donat kentang lembut manis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat kentang lembut manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Siapa sangka, donat kentang menjadi primadona d itengah-tengah Ditambahkan daging ayam + kecap manis + lada bubuk + saus tiram, diaduk terus. Resep Donat Kentang - Donat (doughnuts atau donat) merupakan salah satu roti yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Untuk mendapatkan donat yang lembut, mengembang, empuk dan mulus tanpa cacat maka kesempurnaan ini bisa di dapat dari adonan yang kalis elastis.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat kentang lembut manis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan donat kentang lembut manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah donat kentang lembut manis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Donat Kentang Lembut Manis menggunakan 12 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Donat Kentang Lembut Manis:
  1. Sediakan 250 gram tepung terigu
  2. Ambil 100 gram kentang kukus
  3. Gunakan 1/4 sdt baking powder
  4. Siapkan 50 gram gula pasir
  5. Ambil 1 sdt ragi
  6. Siapkan 2 sdm susu bubuk
  7. Sediakan 2 butir kuning telur
  8. Sediakan 50 ml air es
  9. Siapkan 2 sdm margarin
  10. Ambil 1/4 sdt garam
  11. Gunakan Bahan Untuk Taburan:
  12. Ambil 1 cangkir gula pasir

Gimana sih cara membuat donat kentang yang super enak dan lembut? Anda bisa mendapatkan manisnya madu di dalam donat yang empuk. Selain rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan halus pun membuat donat jadi camilan yang enak. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang.

Langkah-langkah membuat Donat Kentang Lembut Manis:
  1. Untuk membuat topping haluskan gula pasir sampai halus lembut sisihkan
  2. Kupas kentang dan rebus sampai matang lalu haluskan, sisihkan
  3. Dalam wadah campurkan tepung terigu, gula, ragi, susu bubuk, baking powder dan kentang kukus aduk rata
  4. Tambahkan kuning telur, air es, margarin dan garam, aduk rata
  5. Uleni semua bahan yang sudah tercampur sampai benar-benar kalis dan tidak lengket lalu diamkan selama 30-60 menit agar mengembang menjadi dua kali lipat
  6. Keluarkan adonan dari wadah lalu bagi menjadi 12 bagian lalu bentuk bulatan dan lobangi tengahnya seperti pada gambar, diamkan lagi selama 20 menit
  7. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng adonan donut sampai berwarna kecoklatan atau sampai matang
  8. Taburi donut goreng dengan gula yang sudah di haluskan, donut siap di nikmati

Bukan tanpa alasan, donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang jauh lebih lembut dibanding. Membuat donat kentang sebaiknya menggunakan bahan dan takaran yang tepat. Selain itu, Chef Riduan juga menyarankan penggunaan mentega Cara membuat donat kentang mengembang sempurna juga dipengaruhi oleh proses menggoreng. Gunakan jumlah minyak yang banyak dan api. Dari beragam bentuk donat, donat kentang yaitu yang paling populer serta tersebar luas, dan bahkan juga merk seperti Dunkin Donuts dan J.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan donat kentang lembut manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved