Bagaimana Menyiapkan Mangut Lele, Lezat

Dean Hayes   01/09/2020 07:47

Mangut Lele
Mangut Lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut lele enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut lele yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Lele memakai 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mangut Lele:
  1. Sediakan 1/2 kg lele
  2. Siapkan secukupnya daun kemangi
  3. Siapkan secukupnya cabai rawit utuh
  4. Gunakan 1 bungkus santan kara
  5. Gunakan secukupmya air
  6. Gunakan 1 batang serai
  7. Ambil 2 lembar daun salam
  8. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek
  10. Ambil secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
  11. Siapkan bumbu halus :
  12. Gunakan 3 siung bawang putih
  13. Gunakan 4 siung bawang merah
  14. Sediakan 2 butir kemiri
  15. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk
  16. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk
  17. Ambil 1 ruas jahe

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Langkah-langkah membuat Mangut Lele:
  1. Cuci bersih lele dan lumuri dengan jeruk nipis, goreng kemudian sisihkan
  2. Tumis bumbu halus tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. tumis sampai harum dan matang
  3. Tambahkan air secukupnya, santan, gula, garam, dan kaldu bubuk. didihkan
  4. Masukkan lele dan cabai rawit utuh, aduk2 sampai tercampur rata dan koreksi rasa. masak dengan api sedang sampai bumbu meresap
  5. Terakhir sesaat sebelum diangkat masukkan kemangi. aduk sebentar lalu matikan api. mangut lele siap disajikan

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved