Resep Mangut Lele, Lezat

Christopher Bryant   22/10/2020 05:47

Mangut Lele
Mangut Lele

Anda sedang mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut lele yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut lele sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Lele memakai 17 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut Lele:
  1. Gunakan 4 ekor Lele
  2. Gunakan 1 batang serai geprek
  3. Ambil 2 daun salam
  4. Gunakan 2 daun jeruk
  5. Ambil Lengkuas geprek
  6. Sediakan Cabe rawit utuh
  7. Ambil Secukupnya garam/penyedap rasa
  8. Siapkan Secukupnya santan / air
  9. Gunakan 1 ikat daun kemangi
  10. Gunakan Bumbu Halus
  11. Gunakan 4 bawang putih
  12. Gunakan 3 bawang merah
  13. Gunakan 2 kemiri
  14. Ambil Kencur
  15. Ambil Cabe merah & cabe besar secukupnya (me : pisah)
  16. Sediakan Kunyit
  17. Gunakan Jahe

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Cara menyiapkan Mangut Lele:
  1. Bersihkan lele kemudian lumuri dgn jeruk nipis & garam diamkan sebentar. Goreng lele hingga matang
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan batang serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas tumis hingga harum
  3. Masukkan santan, garam, gula, daun kemangi & cabe rawit utuh. Koreksi rasa kemudian masukkan lele masak hingga air menyusut
  4. Nb : jgn sering diaduk biar lele tidak hancur

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut lele yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved