Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet), Enak Banget

Wayne Willis   12/10/2020 05:21

Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet)
Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet)

Anda sedang mencari inspirasi resep mie ayam gercep (gerak cepet) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mie ayam gercep (gerak cepet) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mie ayam gercep (gerak cepet), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mie ayam gercep (gerak cepet) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet). Hallo bun, sist, tan, om, kak, dek.smoga dalam keadaan baik 😍 Jadi ceritanya saya uda lama pengen eksekusi dan baru sekarang bisa bikin mie ayam ala saya 😂. Resep Cah daging sapi + pakcoy.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mie ayam gercep (gerak cepet) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet) menggunakan 31 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet):
  1. Sediakan Bahan Utama Mie Ayam :
  2. Gunakan 3 sawi hijau (saya pakai sawi sendok *adanya)
  3. Ambil 1 bungkus mie kering (saya pakai cap kuda menjangan)
  4. Gunakan 1 ikat Daun Bawang (pakai secukupnya *untuk kuah dan topping)
  5. Ambil Daging Ayam (pakai secukupnya *untuk kuah dan topping)
  6. Sediakan Bahan Kuah :
  7. Ambil Sisa tulang ayam / daging ayam
  8. Gunakan 3 siung bawang putih
  9. Gunakan Secukupnya bawang daun
  10. Ambil Bahan topping ayam + bumbu halus :
  11. Ambil Daging ayam
  12. Siapkan Secukupnya Minyak goreng
  13. Ambil 3 Siung Bawang Putih
  14. Ambil 2 Siung Bawang Merah
  15. Sediakan 2 cm ruas Jahe
  16. Gunakan 1 lmbr Daun jeruk
  17. Sediakan 1 btg Sereh
  18. Siapkan 1 lmbr daun Salam
  19. Siapkan Secukupnya Daun Bawang
  20. Gunakan Secukupnya Minyak wijen (boleh skip)
  21. Sediakan Secukupnya Kecap manis
  22. Sediakan Secukupnya merica
  23. Ambil Secukupnya ketumbar
  24. Siapkan Secukupnya garam
  25. Ambil Secukupnya gula pasir
  26. Siapkan Bahan sambal :
  27. Gunakan Secukupnya cabai
  28. Sediakan Secukupnya Bawang putih
  29. Siapkan Secukupnya Garam
  30. Gunakan Bahan tambahan : Satu Botol Saos
  31. Sediakan Roycko Ayam (Bila perlu)

Walau penyajiannya cukup sederhana, tapi rasanya luar biasa loh. Mie ayam di daerah pejompongan ini begitu khas dengan bahan yang tak biasa ada pada mie ayam umumnya. Sambil menunggu pesanan tampak akrab bercengkerama di meja paling sudut. Yang cewek, mengenakan kaos hitam dan celana jeans selutut.

Cara membuat Mie Ayam Gercep (Gerak Cepet):
  1. Pertama potong ayam menjadi dadu/ kotak-kotak. Potong sawi. Siapkan Bumbu dan Mie Kering
  2. Lanjut buat bumbu halus. Siapkan Cobek dan ulegkan, masukan merica, ketumbar, bawang putih, bawang merah, sedikit garam (dikit aja untuk menghaluskan) dan uleg sampai halus. Geprek Jahe, Daun salam, Sereh dan Daun Jeruk. Sisihkan.
  3. Topping : Siapkan wajan, tuang minyak goreng, nyalakan kompor lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Masak hingga harum masukkan ayam tambahkan air secukupnya, beri tambahan bumbu seperti kecap, gula pasir, minyak wijen, roycko (*bila perlu). Masukan Daun Bawang. Koreksi rasa, masak hingga air surut atau mulai mengental. *dimasak agak lama agar ayam dan bumbu serta kecap meresap. **kompor saya nyalakan kecil
  4. Menunggu Toppingnya matang. Kita buat Kuahnya. Geprek bawang putih, lalu cincang halus. Potong-Potong Daun bawang. Siapkan panci Isi air, masukkan Bawang putih dan daun bawangnya tidak lupa masukan sisa daging/ tulang yang tidak dimasak sebagai topping beri garam secukupnya agar kuah tidak hambar. Masak hingga mendidih.
  5. Bahan Utama yang dimasak terakhir hihihi. Mie kering dan sawi. Rebus Mie Kering hingga tingkat matang yang disesuaikan, tiriskan dan sisihkan. Rebus sawi, sama seperti mie kering tadi, angkat, tiriskan dan sisihkan.
  6. Sambal : Siapkan bawang dan cabai rawit sebutuhnya lalu rebus keduanya hingga air mendidih dan angkat, tambahkan garam kemudian uleg.
  7. Penyajian : 1. Siapkan mangkok (mangkok jago ^^,) - 2. Tata Mie - 3. Tambahkan sawi diatas mie - 4. Tambahkan Topping Ayam - 5. Beri kuah dan sambal - *Selamat menikmati

Baik wajah maupun rambutnya tampak berantakan. Sesuai tag line PROMOTER yaitu Profesional, Moderen dan Terpercaya. Moto Layanan yaitu "Kami Memang Belum Sempurna, Tetapi Kami Selalu Berusaha". Sedangkan Janji Layanan adalah "Pelayanan yang Cepat, Aman, Benar, Tidak Diskriminatif dan Akuntabel". Cita rasa Mie Ayam Mandala tak jauh beda dengan mie ayam jawa pada umumnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mie ayam gercep (gerak cepet) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved