Cara Gampang Menyiapkan Mangut Sambel Panggang (Semarang), Lezat

Isaac Daniels   16/08/2020 15:23

Mangut Sambel Panggang (Semarang)
Mangut Sambel Panggang (Semarang)

Lagi mencari ide resep mangut sambel panggang (semarang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut sambel panggang (semarang) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya. Tapi kadang pengen coba olahan lain dari Iwak panggang ini. Iwak Panggang ada berbagai macam, yang biasa di Semarang di olah jadi menu Mangut itu Iwak Pe, atau ikan Pari panggang, atau Iwak Manyung, yang Kepalanya walau bentuknya seram juga malah menjadi salah satu daya tarik dan jadi kuliner khas Pantura.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut sambel panggang (semarang), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mangut sambel panggang (semarang) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut sambel panggang (semarang) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Sambel Panggang (Semarang) memakai 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Sambel Panggang (Semarang):
  1. Sediakan Ikan asap bagian tengahnya
  2. Sediakan 4 buah cabe keriting
  3. Siapkan 3 buah rawit merah
  4. Sediakan Sedikit terasi bakar
  5. Sediakan 1 siung bawang merah digoreng sbntar bareng ikannya
  6. Siapkan 1 siung bawang putih
  7. Ambil Jeruk sambel (skip krn lg ga ada)
  8. Sediakan sedikit Tomat
  9. Ambil Garam
  10. Siapkan sedikit Gula pasir
  11. Gunakan Penyedap (optional)

Asap mengepul dari cerobong setiap rumah produksi yang menandakan sedang berlangsung proses. Ikan Manyung sendiri adalah ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Langkah-langkah membuat Mangut Sambel Panggang (Semarang):
  1. Siapkan bahan. Cuci bersih ikan. Cabe dan bawang. Bakar terasi.
  2. Goreng ikan asapnya. Sebentar dengan api sedang. Hati2 jgn sampai gosong. Bawang merah ikut digoreng sebentar saja bareng ikan, menghemat waktu. Hehehe. Angkat. Sisihkan
  3. Uleg smua cabe, bawang putih dan tomat mentah saja. Tambahkan bawang merah yg sudah digoreng tadi dan terasi. Tambah garam gula dan penyedap bila suka. Bila ada kucuri sedikit jeruk sambal. Test Rasa.
  4. Bila dirasa sudah pas taruh ikan asap di cobek sambal tadi. Geprek pelan bersama sambal. Jangan sampai hancur. Siap disajikan…paling enak dengan sayur bening bayam yang segar. Selamat makaaann….. 😊😊

Mangut masakan khas semarang, dibuat dari ikan asap, bisa ikan tongkol asap, ikan manyu asap atau ikan pari asap. Aroma sangit asap pada ikan, membuat citarasa masakan ini khas banget dan sedep. Sebenarnya, di Semarang ikan yang sudah diasapi ini lebih dikenal dengan panggang. Sedangkan Mangut merupakan nama masakan panggang (ikan asap) tersebut. Ciri khas ikan asap ini adalah baunya yang sangit.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Sambel Panggang (Semarang) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved