Langkah Mudah untuk Membuat Mun tahu ayam yang Bikin Ngiler

Jesus Andrews   17/10/2020 20:31

Mun tahu ayam
Mun tahu ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep mun tahu ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mun tahu ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

The mun (燜/焖, literally means "braised") cooking technique suggesting its Hakka origin. While tahu is tofu in Indonesian. Its main ingredient is soft and smooth silken tofu, or its variant the yellowish egg tofu, braised with chicken, meat or seafood, sprinkled with chopped leeks.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mun tahu ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mun tahu ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mun tahu ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mun tahu ayam memakai 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mun tahu ayam:
  1. Ambil 1 buah tahu cina ukuran besar potong kotak2
  2. Ambil 100 gr ayam cincang (bisa diganti daging sapi giling atau udang)
  3. Ambil 1 sdm saos rajarasa
  4. Sediakan 1 sdm angciu (boleh skip)
  5. Gunakan secukupnya Lada, garam
  6. Sediakan 1 sdt minyak wijen
  7. Gunakan Bawang putih cincang
  8. Siapkan Maizena larutkan dengan air
  9. Ambil Daun bawang iris halus

Mun (燜/焖, yang memiliki arti "direbus") merupakan teknik memasak yang berasal dari masyarakat Hakka. Bahan utamanya adalah tahu sutera yang lembut, atau sejenisnya seperti tahu telur kekuningan, yang direbus menggunakan ayam, daging, atau makanan laut, kemudian ditaburi daun bawang yang sudah dicacah.. Tahu dapat diolah menjadi berbagai macam sajian lezat, mulai dari goreng, rebus, kukus, hingga tumis. Diantara berbagai macam olahan tahu, salah satu makanan yang memiliki cita rasa gurih yaitu mun tahu.

Langkah-langkah menyiapkan Mun tahu ayam:
  1. Tumis bawang putih sampai wangi kemudian masukkan ayam masak sampai matang.
  2. Lalu masukkan saos rajarasa, angciu aduk2 sebentar kemudian masukkan tahu dan daun bawang.
  3. Kemudian tambahkan garam, lada dan sedikit air. Aduk rata, lalu diamkan sampai airnya mendidih. Tambahkan minyak wijen. Cek rasa lalu terakhir masukkan maizena yg sudah dilarutkan. Aduk rata. Angkat.

Merupakan makanan dengan pengaruh kuliner Tongkok, sajian yang diolah bersama daging ayam cincang dan jamur ini sangat mudah untuk dibuat. Resep mun tahu ini juga bisa kita modifikasi sesuai selera, daging ayam cincang bisa kita ganti dengan daging sapi cincang atau jamur dan kecap ikan bisa diskip atau diganti dengan kaldu jamur bagi yang vegatarian. Untuk tahu putihnya bisa di ganti juga dengan egg tofu yang super lembut atau tahu sutera jika suka. Kuliner yang menggunakan bahan tahu juga sangat banyak, mulai dari tahu gejrot, tahu campur, dan lainnya. Salah satu olahan tahu yang cukup populer di Indonesia adalah mun tahu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mun tahu ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved