Resep Mangut Ikan Asap Semarangan, Enak Banget

Ina Gardner   04/12/2020 05:22

Mangut Ikan Asap Semarangan
Mangut Ikan Asap Semarangan

Sedang mencari ide resep mangut ikan asap semarangan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap semarangan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap semarangan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan asap semarangan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Saudara dari luar kota datang, minta dimasakkan mangut manyung. Biar cepat semua bumbu diiris saja deh. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut ikan asap semarangan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Asap Semarangan menggunakan 23 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Ikan Asap Semarangan:
  1. Sediakan 6 potong kecil ikan asap
  2. Sediakan 1/2 Terong hijau (ukuran besar)
  3. Siapkan 1 daun salam
  4. Ambil 2 daun jeruk
  5. Siapkan 1 ruas lengkuas
  6. Siapkan 1 sereh
  7. Gunakan 1 ruas kencur (geprek)
  8. Ambil 1 tomat
  9. Siapkan 3 sdm santan kental (sy kara)
  10. Ambil 500 ml air (sesuai selera)
  11. Sediakan Secukupnya gula jawa
  12. Sediakan Secukupnya gula pasir
  13. Siapkan Secukupnya garam
  14. Gunakan Secukupnya penyedap (optional)
  15. Ambil 2 cabe rawit utuh
  16. Gunakan Bumbu Halus ;
  17. Ambil 3 bawang putih
  18. Sediakan 6 bawang merah
  19. Gunakan 2 cabe merah besar (sesuai selera)
  20. Gunakan 1 ruas kunyit
  21. Gunakan 1 ruas kencur
  22. Siapkan 2 kemiri
  23. Ambil 1 ruas jahe

Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Asap mengepul dari cerobong setiap rumah produksi yang menandakan sedang berlangsung proses. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Mangut adalah ikan hasil laut yang diasapkan agar awet.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Asap Semarangan:
  1. Potong terong sesuai selera.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, kencur sampai benar2 matang, jika terlalu kering tambahkan 3sdm air dn tumis lagi hingga bumbu tanak.
  3. Masukan air tunggu mendidih, masukkan ikan asap, gula jawa, garam, penyedap. Tunggu agak berkurang airnya.
  4. Masukkan terong, aduk rata tunggu terong melunak.
  5. Tambahkan santan, tomat. Aduk rata dan koreksi rasa.
  6. Masak sebentar biar air sedikit menyusut. Sajikan.

Olahan ikan asap yg praktis dan sedap rasanya. Santan bisa diganti dg fiber creme yaa. Ikan asap dicuci dulu sblm diolah utk mengurangi aroma asapnya dan t. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan asap semarangan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved