Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mie Laksan, Enak Banget

Tyler Harmon   20/09/2020 00:13

Mie Laksan
Mie Laksan

Anda sedang mencari ide resep mie laksan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mie laksan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemaren habis bikin pempek buat cemilan selama #dirumahaja. Karena bosen kan makan sama cuko terus, saya modifikasilah ke bermacam olahan pempek seperti lenggang, campuran mie goreng, dan laksan ini. Ini laksan resep saya, rasa kuahnya seperti laksan pada umumnya tapi ada.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mie laksan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mie laksan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mie laksan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mie Laksan memakai 19 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mie Laksan:
  1. Ambil 2 batang lenjer besar, potong2 sesuai selera
  2. Gunakan 65 ml santan instan (me : 1 bungkus kecil sasa santan)
  3. Gunakan 1 keping mie telor, rendam air hangat, jangan sampai lembek
  4. Sediakan 2 siung bawang merah
  5. Gunakan 2 siung bawang putih
  6. Siapkan 1 sdm udang rebon kering
  7. Sediakan 2 buah kemiri
  8. Siapkan 5 buah cabe merah keriting
  9. Ambil 20 buah cabe rawit (yg ini bisa disesuaikan selera)
  10. Sediakan 1 ruas kunyit
  11. Siapkan 1 butir telur ayam, ambil putihnya saja
  12. Ambil Kaldu bubuk
  13. Ambil Garam
  14. Siapkan Gula
  15. Gunakan Teman penyajian
  16. Siapkan Telur rebus (Me : telur asin)
  17. Gunakan Daun bawang, iris halus
  18. Ambil Tauge, rendam air hangat
  19. Siapkan Bawang goreng

Laksan dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang hampir pempek, tetapi disajikan dengan menggunakan kuah santan Artikel bertopik makanan atau minuman Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. Sejak dulu sampai sekarang, rumah makan sederhana yang berada di area pasar tersebut hanya menyediakan dua menu utama yaitu mi celor dan laksan. "Mi celor itu, mi dicelor (dicelup)," kata Wira, salah satu pekerja sekaligus salah satu cucu dari H. Selain pempek yang telah fenomenal, laksan makanan khas Palembang juga tak kalah lezatnya dengan pempek karena memiliki rasa yang lebih memukau.

Cara menyiapkan Mie Laksan:
  1. Haluskan bawang, cabe, rawit, kemiri, kunyit, dan ebi. Lalu tumis sampai wangi. Masukkan santan dan 2 gelas air matang. Masak hingga mendidih. Kecilkan api. Lalu masukkan putih telur, aduk terus. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk sesuai selera.
  2. Pempek yang sudah di potong tadi direbus sebentar, lalu tiriskan.
  3. Susun di mangkok penyajian pempek,mie, tauge, daun bawang. Siram dengan kuah. Boleh diberi telur rebus dan bawang goreng ya buibu.

Dibuat dengan tepung sagu dan ikan, rasanya memang mirip sekali dengan pempek, namun yang membuatnya berbeda dan lebih unik adalah pada penggunaan kuahnya.. Bahannya adalah ikan giling dan tepung terigu. Dibentuk cenderung oval dengan rasa yang hampir sama dengan pempek. Sebagai pembeda, laksan dimasak dengan kuah santan berbumbu rempah, cabai dan ebi. Mie Celor Palembang credit: Asel Arba Mayranda / CC BY-SA.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mie Laksan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved