Cara Gampang Membuat Kue Pancong, Sempurna

Olive Anderson   18/11/2020 03:49

Kue Pancong
Kue Pancong

Anda sedang mencari inspirasi resep kue pancong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pancong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue pancong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue pancong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Lihat juga resep Kue pancong enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue pancong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kue Pancong menggunakan 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Pancong:
  1. Gunakan 250 Gram Tepung Beras
  2. Siapkan 1/2 butir Kelapa Parut
  3. Gunakan 1 Bungkus Kara kecil (65 ml)
  4. Sediakan 650 ml Air (campur dg santan)
  5. Siapkan 1 sdm Garam
  6. Gunakan 1 sdm Gula pasir untuk adonan
  7. Sediakan Gula Pasir secukupnya u/ taburan
  8. Sediakan Margarin/minyak goreng u/ olesan

Kue pancong sendiri, memiliki bentuk yang menjadi ciri khas yakni setengah lingkaran. Bentuk dari kue pancong ini didapat dari cetakan alumunium, yang menjadi tempat di mana adonan. Kue pancong terkenal sebagai kue tradisional khas masyarakat Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Pancong:
  1. Campur kelapa parut, garam dan gula, aduk sampai rata.
  2. Kemudian tambahkan tepung beras kedalam adonan kelapa parut tadi.
  3. Tuang santan dan air kedalam adonan, aduk rata, jangan terlalu kental ya bund….,nanti kue pancongnya jadinya keras.
  4. Dg api kecil, Panaskan cetakan kue pancong, olesi dg margarin/minyak goreng, kemudian cetak kue pancong,taburi dg gula pasir atasnya, tutup tunggu sampai matang, sampai keliatan coklat bagian bawahnya.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat…

Saat mengonsumsi kue ini, dipastikan anda bisa mencicipi rasa manis dan gurih karena perpaduan kelapa parut dan gula pasir yang menjadi adonannya. Kue ini dibuat dengan cetakan tersendiri sehingga berbentuk seperti setengah lingkaran. Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak - Kue pancong adalah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut sehingga kue pancong ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Jenis kue yang satu ini berasal dari betawi yang juga sangat banyak digemari. Tidak hanya orang betawi yang suka dengan kue pancong tetapi orang dari berbagai daerahpun banyak yang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kue Pancong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved