Cara Gampang Menyiapkan Mangut Lele Kemangi, Enak

Allen Walters   24/09/2020 09:43

Mangut Lele Kemangi
Mangut Lele Kemangi

Lagi mencari ide resep mangut lele kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele kemangi yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele kemangi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut lele kemangi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Lele Kemangi menggunakan 15 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut Lele Kemangi:
  1. Gunakan 6 ekor ikan lele ukuran sedang
  2. Siapkan 1 ikat daun kemangi segar
  3. Siapkan 2 buah tomat hijau
  4. Gunakan cabai rawit hijau
  5. Siapkan cabai rawit
  6. Sediakan 2 buah cabai merah
  7. Gunakan 3 butir kemiri
  8. Gunakan bawang merah
  9. Sediakan bawang putih
  10. Siapkan ketumbar
  11. Sediakan garam
  12. Siapkan santan kental
  13. Gunakan 1 ruas kunyit
  14. Ambil 2 lembar daun jeruk
  15. Siapkan 1 batang serai

Masakan lele mangut kemangi adalah makan lezat dengan bahan dasar ikan lele yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan. Ciri khas dari resep lele mangut kemangi adalah daun kemangi yang digunakan sebagai rempah-rempah dalam membuat lele mangut kemangi. Bahan-bahan yang di perlukanpun mudah untuk di dapat dan proses pembuatan-nya cukup sederhana. Sajian mangut ikan lele bersama daun kemangi merupakan sajian yang istimewa.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Lele Kemangi:
  1. Bersihkan ikan lele, lalu goreng hingga matang, tiriskan!
  2. Haluskan bumbu-bumbu : bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai rawit (sesuai selera), cabai merah, kemiri, kunyit, garam.
  3. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus!
  4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi, lalu masukkan daun jeruk (sobek daunnya supaya aromanya keluar) dan serai yang sudah digeprek,tumis sampai harum!
  5. Setelah bumbu harum, lalu masukkan santan kental!
  6. Aduk-aduk bumbu dan santan tadi hingga mendidih!
  7. Setelah mendidih, masukkan lele yang telah digoreng tadi, aduk-aduk perlahan supaya bumbu dan lele goreng tercampur!
  8. Setelah lele dimasukkan, kemudian masukkan daun kemangi yang telah dipotong, tomat hijau yang telah dipotong dan cabai hijau.
  9. Aduk-aduk sebentar hingga semua nya merata dan biarkan mendidih supaya bumbu meresap!
  10. Tes rasa, jika sudah pas, matikan apinya!
  11. Mangut lele siap disantap bersama nasi hangat :)

Ikan lele digoreng saja sudah lezat. Tekstur lembut dengan rasanya yang gurih makin menonjol. Sajian ikan yang begitu gurih yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang sedap, membuat rasanya semakin lezat dan special. Kalo di rumah mama se ini udh sering banget dimasak tapi biasanya se mama di bakar biar aromanya lbh keluar tp krn aq gak punya alat pembakaran jd nya di goreng hehe & baru kali ini aq masakin buat se suam gak tau nya dia suka banget 😀 Mangut Lele Kemangi. Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut lele kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved