Resep Mangut Lele Pedas Anti Gagal

Ada Gonzales   18/09/2020 09:07

Mangut Lele Pedas
Mangut Lele Pedas

Lagi mencari ide resep mangut lele pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele pedas yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut lele pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut lele pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut Lele Pedas menggunakan 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut Lele Pedas:
  1. Ambil 1 kg atau 10 ekor lele, goreng (bisa pakai/tanpa garam)
  2. Ambil 5-10 buah cabe rawit tergantung selera, iris2
  3. Siapkan 1 buah cabe merah besar, iris serong
  4. Ambil 1 ruas lengkuas, geprek
  5. Gunakan 1 batang sereh, geprek
  6. Ambil 2 lembar daun jeruk purut
  7. Gunakan 3 lembar daun salam
  8. Siapkan 1 genggam daun kemangi
  9. Siapkan 5 buah belimbing wuluh, iris2 (optional)
  10. Ambil 1 santan kara (boleh di tambah jika kurang kental)
  11. Siapkan bumbu halus:
  12. Siapkan 1 buah cabe merah
  13. Gunakan 8 siung bawang merah
  14. Gunakan 3 siung bawang putih
  15. Gunakan 3 butir kemiri

Membayangkan wangi dan begitu lezat-nya rasa dari lele mangut goreng bumbu pedas adalah keistimewaan tersendiri. Apalagi ketika menyantapnya saat masih hangat dan segar. Resep Lele Mangut Goreng Bumbu Pedas. Resep lele mangut goreng bumbu pedas ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat karena bahan-bahan nya mudah di dapat, cara membuat-nya pun tidak sulit, dan sudah pasti lezat.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Lele Pedas:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk purut & sereh. Tunggu sampai bumbu matang
  2. Tambahkan air & santan (tingkat kekentalan sesuai selera ya gezz). Lalu masukkan lele & potongan cabe
  3. Tambahkan Gula Garam & penyedap rasa. Test rasa sampai okee
  4. Jika sudah mendidih masukkan daun kemangi & belimbing wuluh, aduk2 sebentar hingga bumbu rata
  5. Siap di sajikan.. hati2 persiapan masak nasi banyak yaa, nasi bakal cepat abis, sekali makan g cukup 1 piring. hehehe….
  6. NB: belimbing wuluh memberikan rasa lebih seger yaa karena cenderung asam dikit pengganti tomat

Membayangkan wangi dan begitu lezat-nya rasa dari lele mangut goreng bumbu pedas adalah keistimewaan tersendiri. Btw, kali ini mau share resep mangut lele. Mangut lele punya ciri khas di asap terlebih dahulu biar ada wangi-wangi asapnya gituu. Tapiii ini saya ngga pake di asap yaa, karna biar simplee wkwk😌 #J. Lihat juga resep Mangut Lele Pedas enak lainnya!

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Lele Pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved