Resep Mangut Mercon Lele Asap yang Bisa Manjain Lidah

Bettie Boone   09/07/2020 04:15

Mangut Mercon Lele Asap
Mangut Mercon Lele Asap

Anda sedang mencari ide resep mangut mercon lele asap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut mercon lele asap yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Lele Asap enak lainnya. Bukan hanya gudeg, terdapat oseng-oseng mercon, nasi teri, sampai mangut lele yang patut dicicipi. Berikut rekomendasi tempat kuliner legendaris di Yogyakarta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut mercon lele asap, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut mercon lele asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut mercon lele asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Mercon Lele Asap menggunakan 24 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut Mercon Lele Asap:
  1. Sediakan Lele Asap:
  2. Siapkan 1 kg lele
  3. Siapkan 2 sdt garam
  4. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  5. Gunakan 1/2 sdt kunyit bubuk
  6. Gunakan 1 sdt bawang putih bubuk
  7. Ambil Mangut:
  8. Siapkan 1 ikat daun kemangi
  9. Gunakan 2 lbr daun salam
  10. Siapkan 1 btg serai
  11. Ambil 2 lbr daun jeruk
  12. Sediakan 1 ruas jari lengkuas (geprek)
  13. Ambil 2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
  14. Siapkan Garam
  15. Siapkan Gula
  16. Gunakan Bumbu halus :
  17. Gunakan 6 siung bawang merah
  18. Ambil 6 siung bawang putih
  19. Ambil 2 btr kemiri
  20. Ambil 5 buah cabe merah
  21. Siapkan 20 buah cabe rawit
  22. Gunakan 1 ruas jari kencur
  23. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk
  24. Ambil 1/2 sdt ketumbar bubuk

Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering. Hidangan lele asap Mbah Marto menjadi satu sajian unggulan atau signature yang kerap dicari pelanggannya.

Cara membuat Mangut Mercon Lele Asap:
  1. Lele asap: Cuci bersih lele. Campur semua bumbu lele asap. Balurkan ke lele
  2. Asap lele hingga lele kering. kemaren kira2 3 jam.
  3. Mangut: Potong2 bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, cabe rawit. Goreng hingga 1/2 matang. Haluskan bersama kencur, kunyit bubuk dan ketumbar bubuk.
  4. Tumis kembali bumbu halus, tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas.
  5. Ketika sudah harum, tambahkan santan. Aduk. Masukkan lele asap, garam dan gula. Didihkan hingga bumbu merasuk ke lele kira2 1/2 jam dengan api kecil. Tes rasa.
  6. Masukkan kemangi. Aduk lagi dan matikan api.

Beda dengan lele mangut biasa tanpa diasap, lele di Mbah Marto melewati proses pengasapan yang membuat hidangan ini terasa spesial. Proses makanan utama mulai dari lele dimasak asap secara khusus di ruangan terpisah. KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Mercon Lele Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved