Resep Mun tahu udang yang Sempurna

Sallie Parsons   15/08/2020 21:00

Mun tahu udang
Mun tahu udang

Lagi mencari ide resep mun tahu udang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mun tahu udang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

The mun (燜/焖, literally means "braised") cooking technique suggesting its Hakka origin. While tahu is tofu in Indonesian. Its main ingredient is soft and smooth silken tofu, or its variant the yellowish egg tofu, braised with chicken, meat or seafood, sprinkled with chopped leeks.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mun tahu udang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mun tahu udang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mun tahu udang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mun tahu udang memakai 12 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mun tahu udang:
  1. Ambil 8 ekor udang potong kecil
  2. Sediakan 1 bh tahu putih cuci lalu potong kecil
  3. Gunakan 3 lbr jamur kuping iris kecil
  4. Siapkan 1 bh wortel potong kecil
  5. Gunakan 3 bh bawang putih cincang
  6. Ambil 1 sdt Kecap ikan
  7. Sediakan 1 sdt Minyak wijen
  8. Sediakan 1 sdm Maizena
  9. Ambil secukupnya Daun bawang
  10. Siapkan secukupnya garam
  11. Siapkan secukupnya air/kaldu
  12. Gunakan secukupnya penyedap jamur

Yang banyak dikenal adalah dikombinasikan dengan ayam dan udang. Kali ini, kita akan memasak mun tahu vegetarian yang dipadukan dengan bahan non hewani. Tahu putih maupun tahu sutra bisa digunakan dalam resep ini. Selain tahu, kita akan gunakan protein nabati lainnya seperti jamur merang.

Cara menyiapkan Mun tahu udang:
  1. Tumis bawang putih. Masukan udang cincang sampai berubah warna
  2. Masukan wortel, tahu, aduk. Masukan air/kaldu sampai terendam. Tunggu mendidih.
  3. Masukan bumbu2, daun bawang. Tes rasa. Kalau sudah cukup, kentalkan dgn larutan maizena

Mun tahu merupakan salah satu menu andalan yang biasa kita temui di Chinese Restaurant. Berikut ini resep mudah membuat mun tahu untuk makanan si kecil. Mun tahu lebih enak kalau dikasih daging cincang dan udang Mba, jangan lupa daun bawang yang banyak ya. Tidak perlu mendapatkan pasokan semangat lagi sayapun langsung membuka buku catatan dan mencatat resep mun tahu a la Fifi yang setelah dicoba di dapur JTT saya akui sangat nendang. ^_^ Mun tahu biasanya juga berisi ayam cincang atau sejenis makanan laut, seperti udang, atau terkadang menggunakan daging sapi atau babi. Makanan ini memiliki rasa sedikit gurih dengan tekstur lembut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mun tahu udang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved